ABSTRAK
PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP KEMAMPUAN OLAH NADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB AC DHARMA WANITA SIDOARJO
Nama : Ayu Fiqryah Firdausy
NIM : 15010044026
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Zaini Sudarto, M.Kes.
Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang memiliki perkembangan mental yang lambat namun masih mempunyai kemampuan untuk berkembang. Pembelajaran seni musik yang terspesifikasi olah nada dapat menjadi sebuah pengajaran pembelajaran seni secara kreatif guna meningkatkan kepribadian siswaguna mengekspresikan dan mengapresiasi seni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerapan metode drill terhadap kemampuan olah nada anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, analisis data menggunakan uji non parametric dengan menggunakan uji wilcoxon. Menunjukan hasil T (jenjang terkecil) = 0 lebih kecil dengan Ttabel. Hal ini berarti ada pengaruh kegiatan penerapan metode drill terhadap kemampuan olah musik anak tunagrahita ringan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo.
ABSTRACT
THE APPLICATION OF THE DRILL METHOD TO THE ABILITY MENTALLY RETARTED CHILDREN IN MUSIC AT EXTRAORDINARY SCHOOL DHARMA WANITA SIDOARJO
Name : Ayu Fiqryah Firdausy
Number : 15010044026
Study Program : S-1
Departement : Special Education
Faculty : Faculty of Science Education
Institution : State University Of Surabaya
Mentor : Dr. Zaini Sudarto, M.Kes.
Mild mentally retarded children are children who have slow mental development but still have the ability to develop. Music art learning that is specified if the tone can be a teaching of creative art learning in order to improve the personality of students to express and appreciate art. The purpose of this study was to examine the effect of applying drill metods on the ability of mild mentally retarded children. The research method used is quantitative approach, data analysis using non parametric test using Wilcoxon test. Show results T (smallest level) = 0 smaller with Ttabel. This means that there is the influence of drill method activities on the ability to play mild mental retarted children in extraordinary school AC Dharma Wanita Sidoarjo.