Keefektifan Pembelajaran Daring pada Materi Biologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa
The Effectiveness of Electronic Learning on Biology Lesson to Improve Digital Literation of Students
Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji keefektifan pembelajaran daring dengan menggunakan learning management system (Google Classroom) dan media sosial (Whatsapp) pada materi Biologi untuk meningkatkan literasi digital siswa selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan media teknologi dan jaringan. Pembelajaran daring dapat berpengaruh terhadap literasi digital siswa karena kegiatan berorientasi literasi digital dengan tujuan membiasakan siswa dalam menggunakan teknologi dan jaringan terhadap literasi digital. Literasi digital yaitu kemampuan dalam mengakses, mengelola, mengevaluasi, dan membuat informasi baru menggunakan media digital. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sidayu dengan jumlah partisipan 30 siswa untuk kelas 11 MIPA 4 dan kelas 11 MIPA 5. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan (Sequential explanatory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Google Classroom, 2) Terdapat perbedaan literasi digital sebelum dan sesudah pembelajaran daring dengam Whatsapp, 3) Tidak terdapat perbedaan literasi digital antara pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan Whatsapp, 4) Siswa memiliki kesadaran literasi digital setelah pembelajaran daring, 5) Pembelajaran daring dengan Google Classroom mendapat respon positif dari siswa karena dapat membantu memudahkan kegiatan pembelajaran, dan pembelajaran dengan Whatsapp mendapat respon positif dan negatif karena kegiatan pembelajaaran yang menarik namun komunikasi yang kurang efektif. Kesimpulannya yaitu pembelajaran daring pada materi Biologi baik menggunakan Google Classroom maupun Whatsapp dapat meningkatkan literasi digital siswa.
The purpose of the research is to test the effectiveness of online learning using the learning management system (Google Classroom) and social media (Whatsapp) in Biology lesson to improving student’s digital literacy during distance learning in the Covid-19 pandemic. Online learning is learning that uses technology and networking media. Online learning can affect students' digital literacy because of digital literacy oriented activities with the aim of familiarizing students in using technology and networking to digital literacy. Digital literacy is the ability to access, manage, evaluate, and create new information using digital media. The research was conducted at SMA Negeri 1 Sidayu with 30 students for grade 11 MIPA 4 and grade 11 MIPA 5. The method used in this study is the merger of quantitative and qualitative methods sequentially (Sequential explanatory). The results showed that 1) There are differences in digital literacy before and after online learning with Google Classroom, 2) There are differences in digital literacy before and after online learning with Whatsapp, 3) There is no difference in digital literacy between online learning using Google Classroom and Whatsapp, 4) Students have digital literacy awareness after online learning, 5) Online learning with Google Classroom gets a positive response from students because it can help facilitate learning activities, and learning with Whatsapp gets a positive and negative response because of interesting but less effective communication. The conclusion is the online learning in Biology lesson using both Google Classroom and Whatsapp can improve student’s digital literacy.