ABSTRAK
Telah dikembangkan sebuah buku ajar berbasis pemaknaan yang dapat digunakan sebagaimisumber belajar peserta didik dalam mempelajari materi Invertebrata untuk meningkatkanmihasil belajar dan melatihkan kepekaan sikap peserta didik. Penelitian ini bertujuanmiuntuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaranmidengan menerapkan buku ajar berbasis pemaknaan, menganalisis peran buku ajar berbasis pemaknaan terhadap peningkatan hasil belajar dan melatihkan kepekaan sikap peserta didik, serta mendeskripsikan respons peserta didik. Penelitian ini menggunakanmimetode eksperimen semupi(quasi experimental) dengan rancangan nonrandomized control group, pretest-posttest design, dengan sampel penelitian 30 peserta didik di kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 4, SMAN 1 Puri Mojokerto. Data hasil belajar diuji dengan gain score ternormalisasi dan uji statistik nonparametrik Wilcoxon dan Mann-whitney. Kepekaan sikap diukur dengan kuesioner kepekaan sikap dan dianalisis melalui uji statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran untuk melatihkan kepekaan sikap dapat terlaksana secara baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran total sebesar 98,53%. Hasil belajar mengalami peningkatanmdengan kategorimtinggi sebesar 83,3% dan kategori sedang sebesar 16,7%. Kepekaan sikap menunjukkan bahwa 86,7% peserta didik dikategorikan sensitif dan 13,3% dikategorikan pada tingkat egosentris. Peserta didik memberikan respons positif dengan rata-rata persentase sebesar 85,56% yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian kepekaan sikap peserta didik dapat dilatihkan selama pembelajaran dengan menggunakan buku ajar berbasis pemaknaan materi Invertebrata.
kata kunci: buku ajar, pemaknaan, Invertebrata, kepekaan sikap
ABSTRACT
An internalization-based learning handout has been developed which it can be used to be a learning resources of students in learning invertebrate material to improve learning outcomes and to train the sensitivity of students' attitudes. This researchmiaimed to describe theolimplementation of learning by implementing internalization-based handout, analyzing the role of internalization-based handout to improve learning outcomes and training the sensitivity of students 'attitudes, and describing students' responses. The researchyused quasi-experimental method with a nonrandomized control group design, pretest-posttest design, with research samples of 30 students in class X MIPA 2 and class X MIPA 4, SMAN 1 Puri Mojokerto. Learning outcomes data were analyzed using Normalized Gain Score, nonparametric statistics using Wilcoxon test and Mann whitney test. Sensitivity of students ’attitude measured by questionnaire of sensitivity ’attitude and analyzed descriptive qualitatively. The result of the study showed that the learning process to train students sensitivity ‘attitude was done well, with the percentage of learning implementation was 98,53%. Learning outcomes was increased got 83,3% indicated high category and 16,7% indicated medium categories. Sensitivity ’attitude showed that 86,7% students categorized sensitive and 13,3% categorized egocentric level. Students gave positive response with the average percentage of 85,56%, indicated very good category. Thus the attitude sensitivity of students can be trained during learning by using internalization-based handout of invertebrate material.
keywords : handout, internalization-based learning, Invertebrate, attitude sensitivity