Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran Learning cycle 7E pada materi asam basa di SMA kelas XI yang dikembangkan sebagai media pembelajaran. Desain penelitian pengembangan menggunakan Research and Development (R&D) yang dilakukan sampai tahap uji coba terbatas. Tahap uji coba dilakukan secara terbatas pada 15 peserta didik SMAN 11 Surabaya yang belum mendapatkan materi asam basa. Instrument penilaian terdiri dari lembar validitas, angket respon peserta didik, lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi asam basa dapat dikatakan layak yang ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD. Validitas LKPD ditinjau dari dari kriteria isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan memperoleh persentase berturut-turut yaitu sebesar 87,53%, 83,33%, 85,78%, dan 81,33%. Kepraktisan ditinjau dari angket respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 94%. Keefektifan ditinjau dari dari hasil tes keterampilan berpikir kritis yang mengalami peningkatan dengan mendapatkan nilai n-gain score berkisar antara 0,56-1,00 dan didukung ketuntasan hasil belajar dengan ketuntasan klasikal yang mencapai 100%.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Learning Cycle 7E, Keterampilan Berpikir Kritis, Asam Basa.
The aim of this research is to know the feasibility of students worksheet based learning cycle 7E to practice students critical thinking skill in acid based. The design of development research uses the 4-D method (Define, Design, Develop, Dissiminate), but in this research until the research and development (R&D) until product test steps. Product test steps did for 15 students SMAN 11 Surabaya, who not yet get the matter. The research instruments consisted of study sheets, validation sheets, student response questionnaire sheets, knowledge test sheets and criticial thinking skills test sheets. The results showed that learning cycle-based Student Worksheets were feasible on acid based matter reviewed from validity, practically, and effectiveness.The results showed that the easibility of this student worksheet which is reviewed by the content, presentation, language, and creativity get a percentage of 87,53%, 83,33%, 85,78%, dan 81,33%. Practically reviewed from student response questionnaire sheets get a percentage of 94%. The effectiveness reviewed from the results of the science process skills test gets the value of n-gain score ranging from 0,56-1,00 and supported by knowledge test sheets with 100% scored classical completeness.
Keywords: Student Worksheets, Learning Cycle 7E, Critical Thinking Skills, Acid Based.