DEIKI merupakan salah satu inisial pelaku graffiti yang berasal dari Jombang. Sebagai pelaku seni, Deiki mempelajari graffiti secara otodidak (tidak ada basic kesenian atau sekolah seni). Sampai saat ini, DEIKI masih aktif pada kegiatan-kegiatan graffiti di kota Jombang.
Berangkat dari keinginan DEIKI supaya karakter graffitinya lebih dikenal masyarakat luas khususnya masyarakat Jombang dan bukan hanya orang-orang pelaku graffiti saja, dan juga melihat dari trend budaya dan faktor estetika seni yang saat ini sudah menjadi bagian dari industri, DEIKI mencoba membuka sayap untuk mengambil peran menjadi bagian dari perkembangan budaya tersebut. Dari sini, DEIKI akan membuka ruang untuk berkolaborasi dengan pihak manapun yang memiliki kesamaan visi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan media pengenalan melalui buku biografi, yaitu dengan melakukan perancangan buku biografi tentang awal mula DEIKI terjun di graffiti, dan karakter graffiti yang sudah ada diterapkan menggunakan media pendukung seperti kaos. Dengan perancangan buku biografi ini, diharapkan kedepannya karakter DEIKI bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas tentunya masyarakat Jombang sendiri.
Perancangan coffeetable book ini dimulai dengan mencari data dan informasi mengenai graffiti DEIKI melalui berbagai sumber dari tim graffiti DEIKI beserta sumber buku dan wawancara. Kemudian informasi yang telah terkumpul dipilah melalui proses analisis 5W+1H. Hasil analisis selanjutnya digunakan sebagai konsep hingga menjadi hasil perancangan.
Proses visualisasi desain yang dilakukan menggunakan Software Adobe Illustration dan Adobe In Design. Perancangan ini meliputi pembuatan coffetable book yang berisi gambar dan foto-foto karakter dari graffiti DEIKI, kemudian diaplikasian terhadap beberapa media pendukung yang dibutuhkan seperti X banner, Poster, Totebag, Sticker, dan lain-lain. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan proses validasi, proses revisi, dan final.
Strategi khusus yang harus dimiliki oleh graffiti DEIKI ialah identitas visual berupa coffetable book sehingga karakter graffiti yang telah dibuat dapat dikenali serta menambah daya tarik masyarakat Jombang dan masyarakat luas. Hal ini karena media coffetable book dapat memberikan informasi berupa gambar dan merupakan media yang efektif serta efisien melalui konsep perancangan visual untuk mengenalkan karya graffiti dari DEIKI kepada masyarakat luas.
DEIKI is one of the initials of graffiti actors from Jombang. As an artist, DEIKI studied with self-taught ways (there are no basic arts or art schools). Thus, DEIKI is still active in graffiti activities in Jombang.
Starting from his desire so that the character of gravity known by people, especially not only from the gravity artists, but also will be known by cultural character and art aesthetics which is part of the industry nowadays. Moreover, DEIKI wants to be a part of that cultural development. From this now on, DEIKI will be open minded for having collaboration with anyone who has the same vision. One of the efforts is to use media recognition through biographical books, which is by designing biographical books about the beginnings of DEIKI engaging in graffiti, and make an existing graffiti characters that is applied in a media such as t-shirts. With this biography book design, it is hoped that in the future DEIKI's character can be better known by the wider community, of course the people of Jombang themselves.
The specific strategy that DEIKI's graffiti must possess is a visual identity in the form of a coffetable book so that the graffiti characters that have been created can be recognized and add to the appeal of the Jombang community and the wider community. This is because the coffetable book media can provide information in the form of images and is an effective and efficient media through visual design concepts to introduce graffiti works from DEIKI to the community.
The design visualization process is done by using Adobe Illustration and Adobe in Design Software. This design includes making a coffetable book that contains pictures and photographs of characters from DEIKI graffiti, then is applied to a number of required supporting media such as X banners, Posters, tote bag, Sticker, and others. Next will be continued with the validation process, the revision process, and the final process.
Key Word : Coffee table book, Deiki, Design, Graffiti, Character.