Academic Insecurity of Gap Year Students College
Penelitian ini berangkat dari banyaknya mahasiswa yang mengalami insecure akademik dimana salah satu diantaranya adalah mahasiswa gap year. Berbagai latar belakang mahasiswa gap year yang disertai stigma buruk tentang gap year juga turut berperan dalam insecure akademik yang dirasakan oleh mahasiswa gap year. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendalam terkait insecure akademik yang dirasakan oleh mahasiswa gap year. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur yaitu wawancara mendalam (in depth interview). Analisis data dilakukan dengan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) dengan tujuan untuk mengeksplorasi pengalaman subjek. Temuan dalam penelitian ini adalah gambaran insecure akademik pada mahasiswa gap year. Insecure akademik pada mahasiswa gap year memunculkan beberapa perasaan negative seperti rendah diri, overthinking, dan Self-compare yang memperparah insecure akademik dan memengaruhi jalannya kinerja akademik. Penelitian ini juga menemukan strategi coping yang dilakukan oleh subjek untuk meminimalisir insecure akademik yang dirasakannya.
This research stems from the many students experiencing academic insecurity, including gap year students. Various backgrounds of gap year students, accompanied by the negative stigma surrounding gap years, also contribute to the academic insecurity felt by these students. This study aims to provide an in-depth overview of the academic insecurity experienced by gap year students. The research method used in this study is qualitative with a phenomenological approach. Data collection was conducted using semi-structured interviews, specifically in-depth interviews. Data analysis was performed using Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) to explore the subjects' experiences. The findings of this study provide an overview of academic insecurity among gap year students. Academic insecurity in gap year students triggers several negative feelings such as low self-esteem, overthinking, and self-comparison, which exacerbate academic insecurity and affect their academic performance. This study also identifies coping strategies employed by the subjects to minimize the academic insecurity they experience.