Kualitas Komposisi Tulisan Siswa dalam Pembuatan Teks Analitikal Eksposisi di Sekolah Menengah Atas
The Quality of Students' Writing Composition in Creating Analytical Exposition Text at Senior High School
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas komposisi tulisan siswa dalam teks analitikal eksposisi. Itu termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif sebagai desain penelitian. Peneliti melibatkan 32 tulisan siswa pada teks analitikal eksposisi dalam penelitian ini. Tulisan tersebut merupakan hasil karya siswa kelas sebelas dari salah satu SMA di Sidoarjo. Dalam mendeskripsikan kualitas komposisi tulisan siswa, peneliti menggunakan rubrik penulisan yang terdiri dari isi, pengorganisasian, tata bahasa, kosa kata, dan mekanik. Peneliti menganalisis data menggunakan deskriptif statistik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memperoleh skor dari rentang 3 hingga 4 dalam hal konten, pengorganisasian, kosa kata, dan mekanika dalam teks analitikal eksposisi. Namun, mereka memiliki kelemahan dalam menggunakan tata bahasa karena masih banyak ditemukan kesalahan tata bahasa dalam tulisan mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hampir semua siswa memiliki kualitas yang baik dalam penulisan teks analitikal eksposisi kecuali dalam hal tata bahasa. Oleh karena itu, mereka perlu meningkatkan kualitas mereka dalam menggunakan tata bahasa saat menulis teks ini agar kualitas tulisan mereka lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: tulisan siswa, kualitas komposisi menulis, teks analitikal eksposisi
Abstract
This research aimed to describe the quality of students’ writing composition in analytical exposition text. It employed descriptive quantitative as a research design. The researcher involved 32 students’ writing of analytical exposition texts in this study. Those writing were developed by eleventh grade students from one of senior high schools in Sidoarjo. In describing, the quality of students 'writing compositions, researcher used writing rubrics that consists of content, organization, grammar, vocabulary, and mechanic. The researcher analyzed the data using descriptive statistical analysis. The results showed that most students are able to obtain scores from a range 3 to 4 in terms of content, organization, vocabulary and mechanics in analytical positions text. However, they have a weakness in using grammar because there are still many grammatical errors found in their writing. Thus, it can be concluded that almost all students have good quality in the composition of writing on the analytical exposition text except in term of grammar. Therefore, they need to improve their quality in using grammar when writing this text in order to make their writing quality is better than before.
Keywords: student's writing, writing compositions' quality, analytical exposition text