ARANG KAYU SEBAGAI BAHAN MENGGAMBAR ILUSTRASI AKRIKATUR DENGAN TEKNIK DI SMP NEGERI 2 GRESIK
WOOD CHARCOAL AS A MATERIAL FOR DRAWING CARICATURE ILLUSTRATIONS USING THE DUSEL TECHNIQUE AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 GRESIK
Pembelajaran menggambar ilustrasi karikatur diajarkan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gresik. Sebagian besar siswa masih menghasilkan gambar karikatur yang mirip dengan potret wajah biasa, tanpa adanya deformasi dan distorsi wajah sebagai ciri khusus dari karakter karikatur sehingga perlu pembelajaran ulang. Beragam alat dan bahan berkarya seni yang harganya relatif mahal, sedangkan ekonomi orang tua siswa yang menengah ke bawah. Arang kayu sebagai bahan berkarya yang murah dan mudah didapatkan, namun belum pernah diterapkan di SMP Negeri 2 Gresik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil dan tanggapan terhadap pembelajaran menggambar ilustrasi karikatur menggunakan bahan arang kayu dengan teknik dusel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gresik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui data yang valid, penelitian ini menerapkan triangulasi teknik pengumpulan data. Dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Gresik.
Proses pembelajaran praktik menggambar ilustrasi karikatur menggunakan bahan arang kayu dilaksanakan selama tiga kali pertemuan setiap minggu sekali. Siswa kelas VIII G di SMP Negeri 2 Gresik menghasilkan total 32 karya. Evaluasi menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa dengan nilai 90, 22 siswa dengan nilai 80, 4 siswa dengan nilai 70. Penilaian terhadap karya-karya tersebut juga menghasilkan 6 karya siswa dengan nilai 90, 14 karya siswa dengan nilai 80, 12 karya siswa dengan nilai 70. Tanggapan guru mengenai penelitian ini, bahwa penelitian ini cocok diterapkan pada pembelajaran praktik seni budaya karena sesuai pada kurikulum 2013. Sedangkan tanggapan siswa bahwa pembelajaran ini menyenangkan mampu memberikan pengetahuan baru bagi siswa. Dalam praktiknya siswa sangat antusias dalam berkarya seni.
Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa siswa telah berhasil mengaplikasikan penerapan bahan arang kayu menggunakan teknik dusel dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan hasil yang memuaskan.
Kata Kunci: Arang Kayu, Ilustrasi, Karikatur, Teknik Dusel
Caricature illustration drawing is taught to grade VIII students at SMP Negeri 2 Gresik. Most students still produce caricature drawings that are similar to ordinary portraits, without any deformation and distortion of the face as a special characteristic of caricature characters so that they need to be relearned. Various art tools and materials are relatively expensive, while the economy of the students' parents is middle to lower class. Wood charcoal as a cheap and easily available art material, but has never been applied in SMP Negeri 2 Gresik.
This research aims to find out and describe the process, results and responses to learning to draw caricature illustrations using wood charcoal materials with dusel techniques in class VIII students of SMP Negeri 2 Gresik.
This research was conducted using descriptive qualitative method. Data were collected through observation, interviews, documentation and questionnaires. Data analysis was carried out through data reduction, data presentation, and verification of conclusions. To find out valid data, this research applies triangulation of data collection techniques. With the subject of this research are students of class VIII G SMP Negeri 2 Gresik.
The learning process of caricature illustration drawing practice using wood charcoal material was carried out for three meetings once a week. Students of class VIII G at SMP Negeri 2 Gresik produced a total of 32 works. The evaluation showed that there were 6 students with a score of 90, 22 students with a score of 80, 4 students with a score of 70. The assessment of these works also resulted in 6 student works with a score of 90, 14 student works with a score of 80, 12 student works with a score of 70. The teacher's response to this research is that this research is suitable for cultural arts practice learning because it is in accordance with the 2013 curriculum. While students' responses that this learning is fun can provide new knowledge for students. In practice, students are very enthusiastic in creating art.
From these results, it can be concluded that students have successfully applied the application of wood charcoal materials using the dusel technique well and completed the task with satisfactory results.
Keywords: Wood Charcoal, Illustration, Caricature, Dusel Technique