PROBLEMATIC SMARTPHONE USE (PSU) DAN HASIL
BELAJAR :PERAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI
MEDIATOR
PROBLEMATIC SMARTPHONE USE(PSU) AND LEARNING
OUTCOME : LEARNING MOTIVATION AS A MEDATOR
Di era Society 5.0 saat ini membuat tuntutan
pembaharuan dibidang pendidikan semakin tinggi . Hasil belajar
yang baik memungkinkan siswa untuk mengembangkan
keterampilan dan pengetahuan dalam berbagai bidang. Motivasi
belajar memiliki peran yang sangat penting dalam proses
pembelajaran, dengan motivasi yang tinggi dapat membantu
siswa untuk meraih prestasi dan dengan motivasi belajar yang
baik siswa akan mengurangi kebiasaan menggunakan
smartphone secara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan problematic smartphone use dengan hasil
belajar secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi
belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
dengan dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel penelitian
sebanyak 288 siswa SMA Al-Islam 1 Krian, dengan
menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang
digunakan yaitu skala SAS-SV (10 item),dan skala SOS (10 item).
Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model
(SEM) dengan model persamaan Partial Least Square (PLS) pada
software Smart-PLS 4. Hasil uji statistik .Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: PSU tidak berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar, PSU berpengaruh signifikan terhadap
motivasi belajar, motivasi belajar tidak berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar,dan motivasi belajar tidak dapat memediasi
pengaruh PSU terhadap hasil belajar.
Kata Kunci : Problematic Smartphone Use, Hasil Belajar dan
Motivasi Belajar
In the current era of Society 5.0, the demands for renewal in
the field of education are increasingly high. Good learning outcomes
allow students to develop skills and knowledge in various fields.
Learning motivation has a very important role in the learning process,
with high motivation it can help students to achieve and with good
learning motivation students will reduce the habit of using smartphones
excessively. This study aims to determine the relationship between
problematic smartphone use and learning outcomes directly and
indirectly through learning motivation. This study uses a quantitative
approach, with an ex post facto type of research. The research sample
was 288 students of SMA Al-Islam 1 Krian, using a random sampling
technique. The measuring instruments used were the SAS-SV scale (10
items), and the SOS scale (10 items). The data analysis used is the
Structural Equation Model (SEM) with the Partial Least Square (PLS)
equation model on the Smart-PLS 4 software. The results of the
statistical test. The results of this study indicate that: PSU has no
significant effect on learning outcomes, PSU has a significant effect on
learning motivation, learning motivation does not have a significant
effect on learning outcomes, and learning motivation cannot mediate the
effect of PSU on learning outcomes.
Keywords : Learning Motivation,Learning Outcome,and
Problematic Smartphone Use