Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran mobile application berbasis android pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik. Lebih lanjut tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan tahapan yang ada pada Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 dan X TITL 2 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 1 Pungging Mojokerto. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah static-group pretest-posttest design. Hasil validasi pada penelitian ini memperoleh kategori valid, yang terdiri dari validasi media pembelajaran dengan skor 3.24, validasi RPP dengan skor 3.46 dan Soal Pretest dan Posttest dengan skor 3.36. Keefektifan media pembelajaran ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar pengetahuan dengan skor yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 3.34 dan kelas control sebesar 3.12. Kepraktisan media pembelajaran yang ditunjukan dari respon siswa memperoleh respon positif sebesar 87.75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile application berbasis android layak digunakan.
Kata kunci: pengembangan media, media pembelajaran mobile application berbasis android, validitas, keefektifan, kepraktisan.
This research aimed to develop mobile application learning by android in Basic and Electrical Measurement. Furthermore, the specific purpose of this study is to describe the validity, effectiveness and practically of the learning media developed. This research is a development research which uses Research and Development (R&D) steps. The subjects of this research are students of X TITL 1 and X TITL 2 at Department Electrical Installation Engineering SMKN 1 Pungging Mojokerto. This research used static-group pretest-posttest design. The validity result of this research are categorized as valid, which consist of learning media validation with score 3.24, RPP validation with score 3.46 and Pretest and Posttest Question with score 3.36. The effectiveness of learning media is shown by the completeness of learning with score 3.34 by the experiment class and 3.12 by the control class. The practically of learning media as shown by students’ responses is get a positive respons with percentage 87.75%. So it can be conclude that this mobile application learning by android is worthy to use.
Keywords: media development, mobile application learning by android, validity, effectiveness, practically.