Positioning Persebaya Store Dalam Membentuk Fashion Lifestyle
Positioning of Persebaya Store in forming a Fashion Lifestyle
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan positioning Persebaya Store dalam membentuk fashion lifestyle, dengan menggunakan metode studi kasus dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti melakukan pengamatan dan wawancara dengan divisi komunikasi pemasaran Persebaya Store, penjaga toko Persebaya Store, serta seorang Bonek dari jurnalis Emosijiwaku.com. Analisis temuan data yang dilakukan berdasarkan indikator penyusunan positioning dan mengkomunikasikan positioning melalui bauran pemasaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Persebaya Store melakukan positioning untuk membentuk fashion lifestyle, melalui perancangan produk dengan menggunakan desain minimalis yang menciptakan kesan elegan, sehingga dapat digunakan secara fleksibel. Persebaya Store menjadikan brand fashion lokal sebagai tren, inspirasi dalam hal desain produk dan pembuatan konten promosi. Didirikannya outlet fisik Persebaya Store selain sebagai tempat penjualan, juga dijadikan sebagai tempat berkumpulnya Bonek dengan berbagai konsep yang disuguhkan, dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Keikutsertaan event Surabaya Fashion Parade, menjadikan Persebaya Store dapat memposisikan merek dibenak konsumen potensial bahwa produk Persebaya Store tidak kalah keren dan dapat bersaing dengan merek-merek fashion lain.
This study aims to identify and describe the positioning of Persebaya Store in forming a fashion lifestyle, using case study methods and descriptive qualitative research types. Researchers conducted observations and interviews with the marketing communications division of the Persebaya Store, the shopkeeper of the Persebaya Store, and a Bonek from the journalist Emosijiwaku.com. Analysis of data findings based on indicators of positioning and communicating positioning through the marketing mix. The results of this study indicate that Persebaya Store is positioning to form a fashion lifestyle, through product design using a minimalist design that creates an elegant impression, so that it can be used flexibly. Persebaya Store makes local fashion brands a trend, inspiration on product design and promotional content creation. The establishment of the physical outlet Persebaya Store, apart from being a place of sale, is also used as a gathering place for Bonek with various concepts that are presented, with the aim of attracting the attention of consumers. The participation of the Surabaya Fashion Parade event allows Persebaya Store to position the brand in the minds of potential consumers that Persebaya Store's products are no less cool and can compete with other fashion brands.