Berat dan tinggi badan merupakan dua indikator yang mempengaruhi indeks massa tubuh seseorang. Usia sekolah dasar merupakan masa pengembangan gerak dasar sebagai modal anak dalam melakukan gerakan yang lebih rumit. Dalam proses pengembangan gerak dasar anak, IMT memegang peranan penting dalam mempercepat atau mempermudah proses belajar gerak pada anak.
Penelitian bertujuan untuk menguji perbedaan berat dan tinggi badan siswa sekolah dasar yang mengikuti ekstrakurikuler dan non ekstrakurikuler dengan metode eksperimen. Jumlah sampel 14 orang dipilih menggunakan metode purposive sampling pada siswa usia 10-12 tahun. Pengumpulan data melalui analisa hasil belajar siswa (raport).
Analisa deskriptif menunjukkan bahwa 43% siswa mengikuti ekstra bolavoli 36% mengikuti ekstra renang, dan 21% mengikuti ekstrakurikuler drumband. Hasil rerata berat dan tinggi badan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sebesar 25,14 kg dan 108,64 cm, sedangkan pada anak yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sebesar 20,14 kg dan 120,26 cm. Hasil uji Mann whitney U-test berat dan tinggi badan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler dan non ekstrakurikuler berturut- turut adalah sebesar 0,001 dan 0,002.
Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna pada berat dan tinggi badan siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti ekstrakurikuler dengan kecenderungan nilai IMT dari rerata berat dan tinggi badan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler lebih baik (IMT ekstrakurikuler 21,16 Kg/m2; IMT non ekstrakurikuler 13,98 Kg/m2)
Kata Kunci : Berat badan, tinggi badan, ekstrakurikuler
Weight and height are two indicators that affect a person's body mass index. Primary school age is a period of development of basic motion as the child's capital in making more complex movements. In the process of developing children's basic movements, BMI plays an important role in accelerating or facilitating the learning process of motion in children. The study aims to examine the differences in weight and height of elementary school students who take extracurricular and non- extracurricular activities with experimental methods. A total of 14 people were selected using a purposive sampling method for students aged 10- 12 years. Data collection through analysis of student learning outcomes
(report cards).
Descriptive analysis shows that 43% of students take extra volleyball 36% follow extra swimming, and 21% take drumband extracurricular activities. The mean weight and height of students who took extracurricular activities were 25.14 kg and 108.64 cm, while those who did not take extracurricular activities were 20.14 kg and 120.26 cm. The results of the Mann Whitney U-test for weight and height of students who took extracurricular and non-extracurricular activities were respectively 0.001 and 0.002.
The test results showed that there were significant differences in the weight and height of students who took and did not follow
extracurricular activities with the tendency of BMI values from the average weight and height of students who took extracurricular activities better (extracurricular BMI 21,16 Kg / m2; non-extracurricular BMI 13
, 98 kg / m2)