PENGGUNAAN STRATEGI ‘SELF-TALK’ DALAM BERBICARA OLEH MAHASISWA DENGAN NILAI DI ATAS RATA-RATA
‘HIGH ACHIEVERS’ USE OF SELF-TALK AS A STRATEGY IN SPEAKING
Berbicara di depan umum secara akademik adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh mahasiswa S1, terutama yang hendak menjadi guru bahasa Inggris. Untuk itu, peneliti telah menemukan beberapa strategi termasuk berdialog dengan diri sendiri yang dapat membantu siswa menjadi pembicara yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara siswa berprestasi melakukan perbincangan pribadi saat mereka tampil di depan umum dan frekuensi perbincangan mereka. Menggunakan analisis data kualitatif dasar, penelitian ini menyelidiki jenis perbincangan pribadi yang digunakan siswa berprestasi dan reaksi mereka selama tampil di muka umum. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang sudah ada terletak pada peserta, peneliti hanya berfokus kepada murid yang memiliki prestasi atau nilai di atas rata-rata. Peneliti dalam jurnal ini menggunakan skala dialog pribadi milik Brinthaupt sebagai dasar acuan teori dan menerapkannya untuk menentukan dialog pribadi yang digunakan oleh partisipan. Jumlah peserta dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa yang memiliki nilai tinggi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak ada dialog pribadi berupa kritik yang dipakai oleh para partisipan, sebaliknya, mereka menggunakan dialog pribadi berupa pengelolaan internal, dan seberapa sering dialog pribadi yang diungkapkan oleh para partisipan memberikan efek terhadap tingkat kegelisahan mereka.
Speaking in public for academic purposes is one of the most fear that undergraduate students suffer from, especially student teachers. For that case, researchers have proposed several strategies for public speaking including self-talk that could help students to be better speakers. The purpose of this study is to understand the way high-achiever students do self-talk for their speech performances and the frequency of their self-talk. Using basic qualitative data analysis, this study investigated which type of self-talk high-achiever students’ use and their way to do their self-talk during speech performances. The research gap from existing studies is that this research elaborate focused participants, which only aimed to understand high achievers students. The researcher used the self-talk concept from Brinthaupt as the primary theory and utilized it to determine the participants’ type of self-talk. The participants for this study were four high achiever undergraduate students. The result of this study was that all of the participants used self-management, there was no self-criticism found, and the frequency of the participants’ self-talk affected their communication apprehensive.