Membaca teks naratif memerlukan kemampuan berpikir kritis guna memahami isi teks secara mendalam. Genre Based Approach (GBA) atau pendekatan berbasis genre adalah sebuah metode dalam pengajaran bahasa yang memiliki empat tahapan, yaitu: BKOF, MOT, JCOT, dan ICOT. Dalam pengajaran membaca, penggunaan GBA akan mendorong siswa untuk memahami teks secara keseluruhan bukan kalimat per kalimat dan hal tersebut berhbungan dengan kemampuan berpikir kritis. Oleh karenanya, penelitian ini akan menunjukkan penggunaan GBA dalam pembentukan kemampuan berpikir siswa khususnya dalam memahami teks naratif. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi GBA sebagai metode untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami teks naratif, hasil kerja siswa setelah pembelajaran yang menerapkan GBA, dan respon siswa terhadap proses belajar mengajar yang menggunakan GBA.
Subjek penelitian ini adalah 36 siswa dan seorang guru. Peneliti melakukan observasi terhadap proses belajar mengajar di kelas guna mendeskripsikan implementasi GBA dan bagaimana hal tersebut membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Peneliti juga mengumpulkan hasil kerja siswa setelah mereka diajar dengan GBA untuk menunjukkan apakah pembelajaran tersebut berhasil mendorong siswa untuk berpikir kritis atau tidak. Selanjutnya, peneliti melakukan wawancara untuk mendeskripsikan respon siswa tentang proses belajar mengajar menggunakan GBA.
Hasil observasi menunjukkan bahwa guru telah menerapkan seluruh tahapan dalam GBA, meskipun terdapat sedikit ketidaksesuaian dengan teori. Hasil kerja siswa menunjukkan bahwa siswa mampu menjawab soal-soal berbasis HOTS khususnya pada tahapan analisis dan evaluasi. Terakhir, hasil wawancara menujukkan siswa mampu menikmati dan merasa proses belajar mengajar menggunakan GBA sangat menarik serta lebih komprehensif.
Kata Kunci: pemahaman membaca, pendekatan berbasis genre, kemampuan berpikir kritis siswa, teks naratif.
Reading narrative text requires critical thinking ability in order to comprehend the text deeply. Genre Based Approach (GBA) is a language teaching method that consists of 4 stages: BKOF, MOT, JCOT, and ICOT. In teaching reading, the use of GBA will encourage the students to comprehend the whole of the text rather than sentence by sentence and it relates to critical thinking ability. Therefore, this research shows the use of GBA in building students’ critical thinking especially for comprehending narrative text. It is designed as a descriptive research aims to describe the implementation of genre based approach as a method to build students’ critical thinking in comprehending narrative text, the students’ work after they are taught using genre based approach, and the students’ responses toward teaching and learning process with genre based approach.
There are 36 students and a teacher who became the subject of this research. The researcher observed the teaching and learning process in the classroom to describe the implementation of GBA and how it built students’ critical thinking. Moreover, the researcher collected the students’ work after they were taught with GBA to show whether the method was successful in encourage students critical thinking or not. Likewise, the researcher conducted an interview to describe the students’ responses about the teaching and learning process by using GBA.
The observation showed that the teacher implemented all stages in GBA, although there were some points which were not in line to the theory. The students’ works showed that the students could perform well in answering HOTS test especially for analyzing and evaluating stage. In addition, the interview result showed that the students felt the teaching and learning process was interesting, enjoyable, and more comprehensive.
Keyword: reading comprehension, genre based approach, students’ critical thinking, narrative text.