PENGEMBANGAN MODUL COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) UNTUK MELAKUKAN STUDI SIMULASI KOMPUTASI
MODULE DEVELOPMENT COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD) TO DO A COMPUTATION SIMULATION STUDY
Mahasiswa masih kebingungan dalam mempelajari CFD untuk analisa numerikal fluida mata kuliah perpindahan panas dikarenakan masih belum adanya media atau bahan ajar sebagai acuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul CFD untuk melakukan studi simulasi komputasi pada mata kuliah perpindahan panas.
Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D dengan model pengembangan 4D: define, design, develop dan disseminate. Desain uji coba penelitian ini, yaitu pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Teknik Mesin 2021 yang sedang menempuh mata kuliah Perpindahan Panas II sebanyak 25 orang.
Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul CFD menurut ahli validator berdasarkan aspek materi, bahasa, dan desain berada dalam kategori layak. Penerapan dan penggunaan modul CFD secara umum dapat terlaksana dengan kategori layak dan mendapat respon positif dari mahasiswa. Terdapat perbedaan hasil belajar antara hasil pretest dan post test dengan sig < 0,05.
Kata Kunci : CFD, Pengembangan, Modul, Hasil Belajar
Students are still confused about studying CFD for numerical analysis of fluids in heat transfer courses because there are no media or teaching materials as a reference for learning. This study aims to develop a CFD module to conduct computational simulation studies in heat transfer courses.
The type of research is research and development (R&D) with a 4D development model: define, design, develop and disseminate. The trial design of this research was a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest design. The subjects in this study were 2021 Bachelor of Mechanical Engineering students who are currently taking the Heat Transfer II course as many as 25 people.
The data analysis technique used paired sample t-test with a significance level of 0.05. The results showed that according to the validator, the CFD module based on the aspects of material, language, and design was in the proper category. The application and use of the CFD module in general can be carried out in a proper category and receive positive responses from students. There are differences in learning outcomes between pretest and posttest results with sig <0.05.
Keywords: CFD, Development, Module, Learning Outcomes