ABSTRAK
PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI RA UNGGULAN DARUSSALAM PONGGOK BLITAR
Nama : Laelatul Koniah
NIM : 15010684036
Program Studi : S1
Jurusan : Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Nurhenti Dorlina S., M.Sn.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak kelompok B dalam berhitung, diantaranya anak belum paham dalam menjumlahkan lambang bilangan, anak belum bisa memasangkan bilangan dan lambang bilangan, anak masih belum dapat menghitung jumlah gambar, dan anak belum mampu menuliskan bilangan hasil dari menghitungnya. Penyebabnya dikarenakan guru masih sering menggunakan LKA dan papan tulis, sehingga guru belum mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga modifikasi terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasy Eksperimental Design dengan jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 74 anak kelompok B di RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar, dimana 37 anak sebagai kelompok eksperimen (Al Quddus) dan 37 anak sebagai kelompok kontrol (As Salam) dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi yaitu participant observation. Penelitian ini menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, dengan teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon Match Pairs Test dan Maan Whitney U Test. Penelitian ini dikatakan signifikan jika p value < 0.05.
Berdasarkan hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan bahwa p value < 0.05 yakni 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa ada pengaruh permainan ular tangga modifikasi terhadap kemampuan berhitung anak kelompok B di RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar, dikarenakan pemberian pembelajaran berhitung dengan cara yang menarik dan menyenangkan serta sesuai tahapan berhitung untuk anak yaitu mulai tahap konkret, tahap semi abstrak, sampai tahap abstrak.
Kata kunci: permainan ular tangga modifikasi, berhitung, anak usia dini
ABSTRACT
The Effect of Modification Snakes and Ladders Game toward Numeracy Skill of Children in Group B at RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar
Name : Laelatul Koniah
Study Program : S1/Bachelor
Department : Teacher Education for Early Childhood Education
Institution : Surabaya State University
Counselor : Dra. Nurhenti Dorlina S., M.Sn.
This research is based on the lack of numeracy skill of children in group B. They have not understood to sum up the number, they have not been able to pair the number and number symbol, count the number of pictures and write down the result of the calculation. It is because the teacher still used LKA and board. Thus, the teacher has not been able to create innovative and interesting learning for the children. The aim of this research was to find out the effect of modification snakes and ladders toward numeracy skill of children in group B at RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar.
This research used qualitative approach with type of experiment research as Quasy Experiment research design with type of nonequivalent control group design. Subjects of this research were 74 children in Groub B at RA Unggulan Darussalam Ponggol Blitar, in which 37 children as experimental group (Al Quddus) and 37 children as control group (As Salam) by using saturated sampling technique. Method of collecting the data used documentation and observation of participant observation. This research used normality test of Kolmogorov-Smirnov. The data analysis used non parametric statistics of Wilcoxon Match Pairs Test and Maan Whitney U Test. This research was considered significant if p value < 0.05.
Based on calculation result of this research, it showed that p value < 0.05 was 0.000 < 0.05. thus, Ho was rejected and Ha is accepted. It proved that there was effect of modification Snake and Ladders toward numeracy skill of children in group B at RA Unggulan Darussalam Ponggok Blitar, due to the provision of learning to count in an interesting and fun way and according to the stages of counting for children, starting from concrete stages, semi abstract stages, to abstract stages.
Key Words: Modification Snakes and Ladders, Counting, Early Childhood.