Heuristik Siswa Laki-laki dan Perempuan SMP dalam Memecahkan Masalah Pola Bilangan
Heuristics of Junior High School Male and Female in Solving Number Pattern Problems
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan heuristik siswa laki-laki dan perempuan SMP dalam memecahkan masalah pola bilangan. Heuristik dalam penelitian ini diartikan sebagai strategi umum yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menemukan kemungkinan jawaban atau solusi dari sebuah masalah. Analisis heuristic digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi umum yang digunakan oleh siswa dalam memecahkan masalah pola bilangan dan juga dapat memberikan alasan terkait heuristik yang digunakan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu pemberian tes kemampuan matematika (TKM), tes pemecahan masalah (TPM), dan wawancara. Dalam penelitian ini, dua orang siswa laki-laki dan dua orang siswa perempuan diambil sebagai subjek penelitian. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mendapatkan data penelitian yang valid, dalam penelitian ini digunakan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa heuristik siswa laki-laki dan perempuan cenderung sama, yaitu membuat daftar yang sistematis, tebak & periksa, menggunakan model (berupa garis bantu atau gambar polanya) serta mencari pola. Siswa laki-laki lebih menggunakan representasi visual dan kemudian menuliskannya dalam bentuk gambar (eksternal) lalu kemudian menghitung secara manual dari gambar yang telah dibuat sedangkan siswa perempuan cenderung melihat gambar pada soal kemudian menuliskannya sebagai bilangan sehingga terlihat pertambahan polanya kemudian menghitungnya. Selain itu heuristik tebak & periksa yang dilakukan siswa memiliki proses yang berbeda yaitu guess and check systematically dan guess and check unsystematically. Akan tetapi, penggunaan heuristik murni tanpa kemampuan matematika lain akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengkombinasikan kemampuan matematika lain seperti menggeneralisasi pola. Penggunaan heuristik akan sangat berguna ketika siswa tidak memiliki bekal yang cukup seperti mengingat rumus atau mengingat algoritma yang sudah pasti dalam memecahkan masalah.
Kata Kunci: Heuristik, Siswa Laki-laki, Siswa Perempuan, pemecahan masalah, pola bilangan
This study aims to describe the heuristics of male and female junior high school students in solving number pattern problems. Heuristics in this study are defined as general strategies that can be used as guidelines in finding possible answers or solutions to a problem. Heuristic analysis is used to describe how the general strategies used by students in solving number pattern problems and can also provide reasons related to the heuristics used.
This research is a qualitative research. Data collection techniques in this study are the provision of mathematical ability tests (TKM), problem solving tests (TPM), and interviews. In this study, two male students and two female students were taken as research subjects. Data analysis in this study was carried out by data reduction steps, data presentation and conclusion drawing. Meanwhile, to obtain valid research data, time triangulation was used in this study.
The results showed that the heuristics of male and female students tended to be the same, namely making systematic lists, guessing & checking, using models (in the form of guide lines or drawing patterns) and looking for patterns. Male students prefer to use visual representations and then write them in the form of pictures (external) and then calculate manually from the pictures that have been made, while female students tend to look at the pictures on the problem and then write them down as numbers so that the pattern increases and then counts it. In addition, the guess & check heuristics carried out by students have different processes, namely guess and check systematically and guess and check unsystematically. However, using pure heuristics without other mathematical skills will take longer than combining other mathematical skills such as generalizing patterns. The use of heuristics will be very useful when students do not have sufficient provisions such as remembering formulas or remembering certain algorithms in solving problems.
Keywords: Heuristics, Male Students, Female Students, problem solving, number patterns