DEVELOPMENT OF GEOSCIENCE LEARNING DESIGN BASED ON EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) TO TRAIN THE PHYSICS STUDENTS' CONCEPT UNDERSTANDING AND DECISION-MAKING SKILL
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran sains kebumian yang sustainable dalam melatihkan pemahaman konsep vulkanologi dan keterampilan mengambil keputusan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini didasarkan pada konsep Education for Sustainable Development (ESD) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Tahap uji coba penelitian ini dilakukan di Jurusan Fisika (Program Studi S1 Pendidikan Fisika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya pada Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data berupa observasi, lembar tes, dan angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan valid ditinjau dari kriteria isi, kriteria konstruk (penyajian), maupun kriteria bahasa; (2) perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan praktis karena (a) tingkat keterlaksanaan pada setiap fase pembelajaran tergolong “baik” dan “sangat baik”; (b) hambatan yang ditemui dalam pembelajaran dapat diatasi sehingga proses pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan; dan (c) aktivitas seluruh mahasiswa tergolong dalam kriteria “baik” dan “sangat baik”; (3) perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan efektif karena dapat meningkatkan pemahaman konsep vulkanologi dan keterampilan mengambil keputusan bagi mahasiswa dengan nilai N-gain berturut-turut 0,78 dan 0,73 yang tergolong dalam kategori tinggi, serta memperoleh respon sangat baik dari subyek penelitian. Dengan demikian, dapat disimpukan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk melatihkan pemahaman konsep vulkanologi dan keterampilan mengambil keputusan bagi mahasiswa fisika.
The purpose of this research is to develop a sustainable geoscience learning for practicing students’ concepts understanding about Volcanology materials and decision-making skills. This developed geoscience learning design was based on Education for Sustainable Development (ESD) that was using the 4-D development model (define, design, develop, and disseminate). This research trial was conducted at the Department of Physics (Physics Education Graduate Program) Faculty of Mathematics and Science Natural Sciences (FMIPA), State University of Surabaya in the Even Semester, Academic Year 2019/2020 by using a one group pretest-posttest design. The data were analyzed quantitative and qualitative descriptively. This research excellence point are (1) the developed geoscience learning design is valid based on content criteria, construct criteria, and language criteria, (2) the developed geoscience learning design is practice, based on: (a) the learning implementation process quality are classified as "good" and "very good" on the every learning phase; (b) the learning obstacles can be overcome so that the learning process can achieve the expected goals; and (c) the all students activities are classified as "good" and "very good"; (3) The developed geoscience learning is effective because it can increase students’ understanding about Volcanology concepts and decision-making skills with N-gain scores are respectively 0,78 and 0,73 (high categories), and obtained very good responses from students. Therefore, the developed geoscience learning design is feasible to train students’ understanding about Volcanology materials and decision-making skills.