Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learning berbasis ICT dalam meningkatkan HOTS peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pre experiment dengan syarat kelas kontrol tidak efektif dalam meningkatkan HOTS. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 85 peserta didik dari SMAN 2 Lamongan yang terdiri dari 28 peserta didik kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol, 28 peserta didik dari kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen 1, dan 28 peserta didik dari kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2 yang diambil dengan metode proposed sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t berpasangan pada α=5% untuk menguji perbedaan pada post-test dan pre-test setiap kelas, analisis n-gain untuk melihat kriteria peningkatan nilai tes HOTS yang keduanya digunakan sebagai syarat dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan HOTS. Jika kedua kelas eksperimen yang menggunakan PBL berbasis ICT efektif dan kelas kontrol tidak efektif, maka dilakukanlah uji kesamaan rata-rata gain dari kedua kelas eksperimen sebagai wujud dari jenis penelitian pre experiment. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah nilai post-test lebih tinggi daripada pre-test untuk ketiga kelas, kriteria peningkatan sedang untuk kedua kelas eksperimen dan rendah untuk kelas kontrol melalui analisis rata-rata n-gain. Setelah direduksi dan dilakukan uji t-independet mendapatkan hasil bahwa tidak ada beda pada rata-rata gain kedua kelas eksperimen. Sehingga kesimpulan yang diperoleh adalah model Problem Based Learning berbasis ICT efektif dalam meningkatkan HOTS peserta didik, sedangkan kelas kontrol tidak memenuhi syarat untuk dikatakan efektif melalui uji t berpasangan pada α=5% dan kriteria peningkatan minimal sedang melalui analisis rata-rata n-gain.
Kata kunci: Problem Based Learning, Berbasis ICT, HOTS.
This study aimed to describe effectiveness of ICT-based Problem Based Learning models in improving HOTS learners. This type of research is pre experiment on the condition that the control class is not effective in improving HOTS. Research design which is used is control group pre-test and post-test. Subjects in this study were 85 students from SMAN 2 Lamongan which consists of 28 learners in class X MIA 1 as the control class, 28 students from class X MIA 2 as experimental 1 class and 28 students from class X MIA 3 as experimental 2 class, taken with the proposed method of sampling. The analysis technique which is used is the paired t test on α= 5%to examine differences in post-test and pre-test every grade, n-gain analysis to see increase in test scores HOTS criteria which are both used to judge effective or not in improving HOTS. If both classes of experiments using ICT-based PBL effective and control class is not effective, then the equality test was performed in average gain of both the experimental classes as a form of pre-experimental type of research. The results of the research that has been done is post-test value is higher than the pre-test for all classes, medium criteria increase for both experimental classes and low for control class through the analysis of the n-gain average. Once the test is reduced and t-independet get the result that there is no difference in the average gain of both experimental classes. ICT-based Problem Based Learning model is effective in improving HOTS learners, while the control group not through the paired t test at α= 5% and the criteria for a minimal increase was through the analysis of the average n-gain.
Keywords: Problem Based Learning, ICT, HOTS.