Pengguna Gadget Pada Siswa SMA : Dimensi Perilaku Sosial dan Manajemen Waktu
Gadget users in high school students: Dimensions of Social Behavior and Time Management
ABSTRAK
Rida Hartika Sari. 2021. Penggunaan Gadget Pada Siswa SMA: Dimensi Perilaku Sosial dan Manajemen Waktu. Tesis, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof.Dr.Budiyanto, M.Pd dan (II) Dr.Najlatun Naqiyah, S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci: gadget, perilaku sosial pengguna gadget, manajemen waktu pengguna gadget Penelitian ini bertujuan mengkaji fenomena penggunaan gadget pada siswa SMA yang meliputi (1) dimensi perilaku sosial pengguna gadget, (2) dimensi manajemen waktu pengguna gadget. Dalam penelitian ini menggunaka metode studi kepustakaan (Librabry Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan artikel yang sesuai dengan variabel yang akan diteliti, dalam hal ini perilaku sosial pengguna gadget dan manajemen waktu pengguna gadget. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah adanya misinformasi dalam analisis data, maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca kembali pustaka serta memperhatikan komentar dari dosen pembimbing. Melalui kajian 15 artikel perilaku sosial pengguna gadget ditemukan adanya kecenderungan indikator negatif yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator positif yaitu aspek terhambatnya relasi sosial antarindividu. Kemudian melalui kajian 10 artikel manajemen waktu pengguna gadget juga ditemukan adanya kecenderungan indikator negatif yang lebih dominan dibandingkan dengan indikator positif yaitu aspek banyak menghabiskan waktu dengan sia-sia.
ABSTRACT
Rida Hartika Sari. 2021. Use of Gadgets in High School Students: Dimensions of Social Behavior and Time Management. Thesis, Guidance and Counseling Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. Budiyanto, M.Pd and (II) Dr. Najlatun Naqiyah, S.Ag. M.Pd.
Keywords: gadgets, social behavior of gadget users, time management of gadget users. This study aims to examine the phenomenon of gadget usage among high school students which includes (1) dimensions of gadget users' social behavior, (2) dimensions of time management of gadget users. In this study using the library study method (Librabry Research). The data collection technique in this study uses the documentation method, namely by collecting articles in accordance with the variables to be studied, in this case the social behavior of gadget users and the time management of gadget users. The data analysis technique used is content analysis. To maintain the accuracy of the assessment and prevent misinformation in data analysis, checking between libraries and re-reading the literature and paying attention to comments from supervisors was carried out. Through a study of 15 articles on the social behavior of gadget users, it was found that there was a tendency for negative indicators to be more dominant than positive indicators, namely the obstructed aspect of social relations between individuals. Then through a study of 10 time management articles for gadget users, it was also found that there was a tendency for negative indicators to be more dominant than positive indicators, namely the aspect of spending a lot of time in vain.