PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK SISWA AUTIS MELALUI PERMAINAN SIRKUIT
INCREASING ROUGH MOTORIC SKILL OF AUTISTIC STUDENTS BY USING CIRCUIT GAME
ABSTRAK
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Autis Melalui Permainan Sirkuit
Nama : Firda Angga Krisniawan
Nim : 16060464114
Progam studi : S1 Pendidikan, Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi
Jurusan : Pendidikan Olahraga
Fakultas : Fakultas Ilmu Olahraga
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nanikindahwati, M.Or
Permainan merupakan suatu kegiatan aktivitas yang menyenangkan untuk menghibur orang dewasa maupun anak setelah melakukan kegiatan berat atau pekerjaan. Permainan sirkuit merupakan sebuah permainan gerak yang tersusun dari pos satu ke pos yang satunya dengan bertujuan agar otot bereaksi dengan cara runtut dan secara terusmenerus dari yang mudah sampai yang sulit. Didalam permainan sirkuit terdapat gerak motorik kasar yang cocok digunakan untuk perkembangan anak-anak. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk agar tau ada atau tidaknya peningkatan motorik kasar pada siswa yang mengalami berkebutuhan (autis) dengan permainan sirkuit. Pada penelitian tersebut peneliti menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampelnya peneliti menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampelnya sebanya 4 siswa yang mengalami keterbatasan autis di SDN Babatan IV Surabaya. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan SPSS pada hasilnya ternya memiliki nilai sig (2-tailend) 0,017 < 0,05 yang menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan motorik kasar siswa autis melalui permainan sirkuit dan besar presentase peningkatan adalah 31% dengan selisih rata-rata pos-test dan pre-test nya sebesar 202,5.
Kata kunci: Motorik Kasar dan Permainan Sirkuit.
ABSTRACT
Increasing Rough Motoric Skill of Autistic Students by Using Circuit Game
Name : Firda Amgga Krisniawan
Reg. Number : 16060464114
Study Program : S-1 Physical Education
Major : Physical Education
Faculty : Sports Science Faculty
Institution : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Nanikindahwati, M.Or.
Playing a game is one of fun activities to entertain adults and children after working on something burden. Circuit game is arranged of some stations which are aimed to make muscle working in harmony and continuously from the easiest part to the hardest. In this game, there are rough motoric motions that suitable for children's growth. The aim of this study is to observe whether the circuit game can develop the rough motoric skill of the students with special needs (autistic) or not. To collect the data, the researcher used the plan of One Group Pretest- Postest Design. Furthermore, the sample for this study is drawn by using purposive sampling technique. The sample in this study are four students with special needs (autistic) at SDN Babatan IV Surabaya. Based on the hypothesis test by using SPSS, the result showed with score sig (2-tailed) 0,017 < 0,05 that indicated development rough motoric skill of autistic students through circuit game, and the percentage of the development is 31% with 202,5 as the mean contradiction of post-test and pre-test.
Keywords : Rough Motoric and Circuit Game.