Guru memiliki peran yang penting dalam organisasi sekolah. Guru-guru yang dapat menunjukkan kontribusi pada sekolahnya terutama dalam melaksanakan semua tugas dengan sebaik-baiknya akan dapat menunjang kemajuan sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan kerja dengan organizational citizenship behavior pada guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis korelasional. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru yang bekerja di salah satu Madrasah Tsanawiyah yang berjumlah 62 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala organizational citizenship behavior dan skala keterlibatan kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment dan penghitungan dilakukan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS versi 24.0 for windows. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa taraf signifikan yaitu sebesar 0.000 (P<0.05), artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterlibatan kerja dengan organizational citizenship behavior. Nilai koefisien korelasi product moment yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu sebesar 0.641 (r=0.641), hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara keterlibatan kerja dengan organizational citizenship behavior tergolong dalam hubungan yang kuat. Hasil koefisien korelasi tersebut juga menunjukkan nilai yang positif, yang artinya hubungan antara kedua variabel searah sehingga apabila variabel keterlibatan kerja memiliki nilai yang tinggi maka variabel organizational citizenship behavior juga akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika variabel keterlibatan kerja memiliki nilai yang rendah maka variabel organizational citizenship behavior juga akan semakin rendah.
Kata Kunci: Organizational Citizenship Behavior, Keterlibatan Kerja, Guru.
Teachers have an important role in school organizations. Teachers who can show their contribution to their schools, especially in carrying out all tasks as well as possible, will be able to support school progress. This study aims to determine the relationship between job involvement and organizational citizenship behavior in teachers. The method used in this study is a quantitative method with correlational analysis. The subjects used in this study were teachers who worked in one of the Madrasah Tsanawiyah, totaling 62 teachers. Data collection techniques used in the form of organizational citizenship behavior scale and work involvement scale. The data analysis technique used is product moment correlation and calculations are carried out using the SPSS version 24.0 application program for windows. The results of the analysis carried out showed that the significant level was 0.000 (P <0.05), meaning that there was a significant relationship between job involvement and organizational citizenship behavior. The value of the product moment correlation coefficient obtained in this study is 0.641 (r = 0.641), these results indicate that the relationship between work involvement and organizational citizenship behavior is classified as a strong relationship. The results of the correlation coefficient also show a positive value, which means that the relationship between the two variables is unidirectional so that if the work involvement variable has a high value, the organizational citizenship behavior variable will also be higher. Conversely, if the job involvement variable has a low value, the organizational citizenship behavior variable will also be lower.
Keywords : Organizational Citizenship Behavior, Job Involvment, Teachers.