MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SIGIL UNTUK SISWA SMK
DEVELOPMENT MODEL OF SIGIL-BASED INTERACTIVE LEARNING MEDIA FOR VOCATIONAL SCHOOL STUDENTS
Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi dunia pendidikan, baik sarana prasarana sekolah, kurikulum sekolah, siswa maupun guru. Situasi seperti ini mempengaruhi kondisi siswa yang dituntut untuk belajar lebih aktif, tuntutan bagi guru untuk lebih kreatif dalam membawakan materi pelajaran, sarana dan prasarana belajar yang memadai, maka dari itu diperlukan keselarasan antara dunia pendidikan dan teknologi. Pengembangan media yang semakin efektif dan efisien mampu meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar, mengingat tuntutan pelajar yang semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis sigil untuk siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metodologi kepustakaan atau studi literatur dengan mengkaji beberapa jurnal, buku, internet dan lain-lain yang relevan. Hasil penelitian diambil dari beberapa jurnal dari tahun 2015-2019 untuk dianalisis dan dikembangkan. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pada siswa sebelum menggunakan e-modul diperoleh hasil sebesar 73,86% dan setelah menggunakan e-modul diperoleh hasil sebesar 94,68% penggunaan e-modul pada siswa memiliki peningkatan hasil rata-rata nilai pada siswa sebesar 20,82%. Didukung oleh data lain yang memperoleh hasil post test pada kelas eksperimen diperoleh hasil 81.25% dan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 75,94%. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis sigil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menumbuhkan motivasi belajar pada siswa SMK.
Kata kunci: Pengembangan, Media, Sigil.
The rapid development of technology affects the world of education, both school infrastructure, school curriculum, students and teachers. Situations like this affect the condition of students who are required to learn more actively, demands for teachers to be more creative in bringing subject matter, adequate learning facilities and infrastructure, therefore harmony is needed between the world of education and technology. Media development that is more effective and efficient is able to increase student attractiveness in learning, given the increasing demands of students. This study aims to develop sigil-based interactive media for vocational high school students. This research uses a literature methodology or literature study by examining several journals, books, the internet and others that are relevant. The research results were taken from several journals from 2015-2019 to be analyzed and developed. Based on the results of the average score for students before using the e-module, the results were 73.86% and after using e-module the results were 94.68% using e-module in students had an increase in the average score for students by 20.82%. Supported by other data that obtained post test results in the experimental class the results obtained were 81.25% and in the control class the results obtained were 75.94%. It can be concluded that sigil-based interactive media can improve student learning outcomes and can foster learning motivation in vocational students.
Keywords: Development, Media, Sigil.