Analisis Kritis dalam Iklan McDonalds X BTS THE BTS MEAL: Perspektif Multimodal
A Critical Analysis in McDonalds X BTS THE BTS MEAL Advertisements: A Multimodal Perspective
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menyelidiki elemen visual dan linguistik serta interaksinya yang diberikan dalam iklan makanan. Lima iklan terpilih terkait dengan McDonalds X BTS THE BTS MEAL dikumpulkan secara online dan dianalisis dengan menggunakan teori dari Cheong (2004) tentang Generic Structure Potential dan teori Visual Grammar yang dikemukakan oleh Kress dan Van Leeuwen (2006). Dari hasil penelitian diperoleh Lead, Display, dan Emblem merupakan elemen visual yang ada pada iklan, bersama dengan Primary Announcement, Secondary Announcement, Enhancer, dan Tag untuk elemen linguistik. Interaksi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Representation, Engagement, dan Processes. Representation disajikan tentang bagaimana BTS adalah sebuah model, dan warna adalah salah satu elemen visual yang memainkan peran penting dalam pembuatan makna. Dalam engagement ditunjukkan bagaimana pengiklan menarik perhatian pembeli potensial dengan menggunakan modalitas, tatapan, dan jarak sosial. Penempatan anggota BTS di bagian tengah yang sama dengan produk yang diiklankan sehingga memberikan nilai produk dan model yang setara dalam bentuk yang sama. Interaksi antara elemen-elemen tersebut dibuktikan dengan bagaimana semua aspek berkontribusi untuk meninggalkan kesan yang lebih besar terhadap audiens yang dituju dari produk BTS Meal.
This qualitative study aims to investigate the visual and linguistic elements and their interplay given in food advertisements. Five selected advertisements related to McDonalds X BTS THE BTS MEAL were collected online and analysed by using theory from Cheong (2004) on Generic Structure Potential and Visual Grammar theory proposed by Kress and Van Leeuwen (2006). From the research results obtained, Lead, Display, and Emblem are the visual elements existed in the advertisements, along with the Primary Announcement, Secondary Announcement, Enhancer, and Tag for linguistic elements. The interplays found in the study are representations, engagements, and processes. A representation is presented of how BTS is a model, and colour is one of the visual elements that play important part in meaning-making. In engagement, it is shown how the advertisers attract the attention of potential buyers by using modality, gaze, and the social distance. Placement of the BTS members in the same central part as the advertised products thereby provides an equal value of products and models in the same form. The interplay between those elements are evidenced of how all aspects contribute to leaving a greater impression towards the intended audience of the BTS Meal products.