PENGEMBANGAN SUNGGING SEBAGAI TEKNIK PEWARNAAN PADA PEMBELAJARAN LUKIS DEKORATIF SISWA JURUSAN SENI LUKIS SMKN 12 SURABAYA
DEVELOPMENT OF SUGGING AS A COLORING TECHNIQUE IN DECORATIVE PAINTING LEARNING STUDENTS OF THE PAINTING ARTS DEPARTMENT OF SMKN 12 SURABAYA
Dalam perkembangan seni wayang mengalami perkembangan dari segala aspek. Seperti bentuk, komposisi, warna, ornamen serta ragam hias kedaerahan yang menjadi identitasnya. Terinspirasi dari corak warna pada wayang, keunikan teknik pewarnaannya yang disebut Sungging merupakan teknik gradasi warna tradisional Indonesia. Melalui pendidikan sekolah seni rupa, diharapkan adanya pengembangan warisan budaya kepada generasi penerus bangsa. Sungging yang penerapannya erat kaitannya dengan kriya (Tatah Sungging) pada pembuatan wayang, mengalami pengembangan dengan penerapan pada bidang kompetensi lain yaitu kompetensi seni lukis.
Penelitian pengembangan sungging sebagai teknik pewarnaan pada mata pelajaran lukis dekoratif di jurusan seni lukis SMKN 12 Surabaya menggunakan metode penelitian R&D untuk menghasilkan modul ajar. Data disajikan dengan deskriptif kualitatif dan teknik verifikasi penarikan kesimpulan triangulasi sumber yaitu wawancara guru, seniman/ahli sungging dan siswa.
Sungging sebagai teknik pewarnaan dikatakan dapat diterapkan pada pembelajaran Lukis Dekoratif di sekolah SMKN 12 Surabaya Jurusan Seni Lukis. Dalam lukisan dekoratif, teknik pewarnaan sungging dapat digunakan untuk menciptakan gambar dan motif yang rumit dan bermacam warna pada media kertas, kanvas atau kayu dengan penyesuaian alat dan bahan. Teknik ini dinilai dapat memberi kedalaman visual dan kekayaan pada karya seni sehingga menarik untuk dekorasi ruangan atau sebagai karya yang berdiri sendiri.
Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran “lukis dekoratif flora dan fauna dengan teknik pewarnaan sungging” kelas XI seni lukis-1 yaitu 83.37 >KKM 75 dengan presentase ketuntasan 85% sedangkan nilai kelas XI seni lukis-2 79.4 dengan presentase ketuntasan 78% dengan treatment uji coba penerapan pada media yang berbeda kanvas dan talenan kayu. Hasil kegiatan pembelajaran “Lukis beber” pada media kanvas, siswa memperoleh nilai rata-rata ketuntasan 92% lebih tinggi. Nilai rata-rata untuk kelas 11 seni lukis 1 dan 2 yaitu 82.
Pembelajaran lukis dekoratif dengan teknik pewarnaan sungging tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa tentang seni lukis tradisional, sungging juga bermanfaat untuk pelestarian budaya, mendorong kretivitas siswa dalam berkarya, dan sebagai alternatif teknik pewarnaan dalam lukis.
In the development of wayang art, it has experienced developments in all aspects. Such as shape, composition, color, ornaments, and regional decoration become its identity. Inspired by the color patterns in Wayang, the unique coloring technique called Sungging is a traditional Indonesian color gradation technique. Through fine arts school education, it is hoped that cultural heritage will be developed for the nation's future generations. Sungging, whose application is closely related to craft (Tatah Sungging) in wayang making, is experiencing development with application to other areas of competence, namely painting art competence.
Research on the development of sungging as a coloring technique in decorative painting subjects at the painting arts department at SMKN 12 Surabaya. In decorative painting, sungging coloring techniques can be used to create complicated images and motifs and various colors on media paper, canvas, or wood with adjustments to tools and materials. This technique is considered to provide visual depth and richness to works of art, making them attractive for room decoration or as stand-alone works.
R&D research methods used to produce teaching modules. The data is presented using qualitative descriptive and source triangulation verification techniques, namely interviews with teachers, artists/sungging experts, and students.
Sungging as a coloring technique applies to Decorative Painting learning at the SMKN 12 Surabaya School, Painting Department. Based on the results of the learning activity "Decorative painting of flora and fauna using the sungging coloring technique" class on different media canvas and wooden cutting boards. As a result of the learning activity "Painting Beber" on canvas media, students obtained an average completion score of 92% higher. The average score for class 11 painting arts 1 and 2 is 82.
Learning decorative painting using the sungging coloring technique not only enriches students' knowledge about traditional painting, but sungging is also useful for preserving culture, encouraging students' creativity in creating, and as an alternative coloring technique in painting.