PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS X1 APK DI SMK NEGERI 10 SURABAYA
Nama : Uci Churriyah
NIM : 14080314070
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Jaka Nugraha, S.AB., M.AB., MBA.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 10 Surabaya, mengetahui kelayakan modul tersebut dan mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan modul tersebut. Pengembangan modul dilakukan karena belum adanya bahan ajar untuk Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan. Selain itu, 80% peserta didik di SMK Negeri 10 Surabaya sudah memiliki laptop. Hal ini juga menjadi alas an untuk mengembangkan modul multimedia interaktif sehingga pembelajaran berbasis komputer dapat dilakukan. Multimedia interaktif memungkinkan modul dirancang dengan memadukan teks, gambar, audio dan video. Modul dikembangkan untuk pembelajaran dengan pendekatan saintifik untuk meninkatkan kompetensi literasi digital peserta didik.
Penelitian ini berjenis Penelitian dan Pengembangan yang mengacu pada Model Pengembangan 4-D (Define, Design, Development dan Desseminete). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan lembar evaluasi modul. Kelayakan modul didasarkan pada hasil validasi ahli materi, ahli bahasa dan ahli grafis yang didapatkan melalui lembar validasi. Pada tahap pengembangan, ditetapkan subjek uji coba berjumlah 20 peserta didik yang dipilih secara acak untuk melakukan pembelajaran menggunakan modul yang dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap modul tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul yang dihasilkan yaitu Modul Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Kelas XI APK termasuk dalam kategori sangat layak untuk aspek materi, grafis serta termasuk kategori layak untuk aspek kebahasaan. Setelah melalui beberapa tahap revisi, modul juga dinyatakan menarik dan membantu dalam pembelajaran peserta didik berdasarkan respon peserta didik terhadap modul. Dengan demikian, Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan erbasis multimedia interaktif Kelas XI APK hasil pengembangan ini layak dan dapat digunakan pleh peserta didik dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan modul, model 4-D, multimedia interaktif
Name : Uci Churriyah
Student Number : 14080314070
Study Program : S1- Education Office of Administration
Major : Economy Education
Fakulty : Economy
Name of Institute : State University of Surabaya
Advisor : Jaka Nugraha, S.AB., M.AB., MBA
This study aims to determine the process of developing the Public Relations and Protocol Subjects Subject XI class of Office Administration students at SMK Negeri 10 Surabaya, knowing the module's appropriateness and knowing the students' responses after using the module. Module development is done because there is no teaching material for Public Relations and Protocol Subjects. In addition, 80% of students in SMK 10 Surabaya already have laptops. This is also a reason for developing interactive multimedia modules so that computer-based learning can be carried out. Interactive multimedia allows modules to be designed by combining text, images, audio and video. Modules are developed for learning with a scientific approach to improve students' digital literacy competencies.
This research type Research and Development which refers to the 4-D Development Model (Define, Design, Development and Desseminete). Data collection instruments used were expert validation sheets and module evaluation sheets. Module eligibility is based on the results of the validation of the material expert, linguist and graphic expert obtained through the validation sheet. At the development stage, 20 subjects were randomly selected to conduct learning using the developed module and find out the students' responses to the module.
The results showed that the modules produced were Interactive Multimedia Based Modules on Public Relations and Protocol Subjects Class XI APK included in the category of very feasible for material aspects, graphics and included in the appropriate category for language aspects. After going through several stages of revision, the module was also declared interesting and helpful in student learning based on students' responses to the module. Thus, the Public Multimedia and Public Protocol Administration Module Class XI APK-based interactive development is feasible and can be used by students in learning.
Keywords: Development of module, 4-D models, multimedia interaktif