Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan media pembelajaran pendidikan luar sekolah mengenai salah satu pengembangan model oleh DIKTARA. Pembelajaran menggunakan SeTARA Daring merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan sarana e-learning tanpa terbatasi ruang dan waktu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis seluruh aspek mengenai penyelenggaraan SeTARA Daring sebagai media pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah melalui penerapan belajar jarak jauh di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Gudo.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang dilakukan mulai dari Pengumpulan Data, Reduksi Data, Display Data hingga Verifikasi Data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas, dan Transferabilitas.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pertama, penyelenggaraan SeTARA Daring menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang cukup baik dibanding sebelumnya akan tetapi tidak dapat dinilai keorisinilannya dikarenakan seluruh proses pembelajaran didudukung penuh oleh kehadiran internet. Kedua, analisis menunjukkan hasil yang positif dilihat dari aspek waktu yang lebih fleksibel yakni secara online dibanding dengan belajar konvensional di kelas.
Kata kunci :
Analisis, Media Pembelajaran, E-Learning, SeTARA Daring.
Research conducted related to educational media outside of school education regarding one of the development models by DIKTARA. Learning using SETARA Online is learning by utilizing e-learning facilities without being limited by space and time. The main objective of this research is to analyze all aspects regarding the implementation of Online SeTARA as a medium for learning of out-of-school education through the application of distance learning in the Gudo Non-formal Education Unit.
This research uses descriptive qualitative research. Data retrieval is done by using in-depth interviews, observation, and documentation. The results of data analysis carried out starting from Data Collection, Data Reduction, Data Display to Data Verification. As for the validity of the data using Credibility, Dependability, Confirmability, and Transferability.
The results of the study found that first, the implementation of Online SeTARA showed that the learning outcomes of students were quite good compared to before but the originality could not be assessed because the entire learning process was fully supported by the presence of the internet. Second, the analysis shows positive results seen from the more flexible aspects of time online, compared to conventional learning in the classroom.
Keywords :
Analyze, Learning Media, , E-Learning, SeTARA Daring.