Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Autoplay Media Studio 8 Pada Bidang Kuliner
Media pembelajaran dapat menstimulasi peserta didik untuk lebih tertarik dan memahami apa yang sedang dipelajari. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran berbasis aplikasi yang dapat dikembangkan, salah satunya yaitu Autoplay Media Studio 8. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras, dan (2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada mteri pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras.
Metode yang digunakan yaitu Research and Sevelopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 3 ahli materi dan 3 ahli media sebagai validator. Sasaran penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMK Program Studi Kuliner di Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket validasi dan respon. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan skala likert dan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi materi mendapat nilai persentase sebesar sebsar 72,6% dengan kategori “Baik”. Hasil validasi media mendapat nilai persentase sebesar 78,6% dengan kategori “Baik”. Hasil uji respon peserta didik mendapat nilai persentase sebesar 81% dengan kategori “Sangat Baik”. Demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Autoplay Media Studio 8 pada materi pembuatan Kue Indonesia dari Beras dan Tepung Beras layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mendapat respon sangat baik dari peserta didik.
Learning media can stimulate students to be more interested in and understand what is being studied. There are various types of application-based learning media that can be developed, one of which is Autoplay Media Studio 8. The purpose of this study is to determine (1) the feasibility of Autoplay Media Studio 8 learning media on the material of making Indonesian cakes from rice and rice flour, and (2) to find out the students' responses to the Autoplay Media Studio 8 learning media on the material for making Indonesian Cakes from Rice and Rice Flour.
The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. There are 3 material experts and 3 media experts for the validator. The target of this research was class XI students of the Culinary Study Program Vocational School in Ponorogo Regency with a total of 30 people. Data collection techniques in the form of interviews and validation and response questionnaires. The data collection technique in this study was using a Likert scale and for data analysis using descriptive analysis.
The results showed that the results of the material validation obtained a percentage value of 72.6% in the "Good" category. The media validation results obtained a percentage value of 78.6% in the "Good" category. The results of the student response test obtained a percentage value of 81% in the "Very Good" category. Thus it can be concluded that the development of Autoplay Media Studio 8 on the material for making Indonesian Cakes from Rice and Rice Flour is suitable for use as a learning medium and received very good responses from students.