Motivasi Belajar Dalam Mendukung Keberhasilan Belajar Peserta Didik Pendidikan Kesetaraan Paket B
Learning Motivation In Supporting The Success Of Learning Participants In Education Equipment B
Motivasi belajar dalam diri seseorang sangatlah penting, setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk terus belajar agar dapat menuntaskan wajib belajar Sembilan tahun sehingga mudah dalam mencari pekerjaan. Namun, pada kenyataannya masih banyak individu yang tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam menuntaskan wajib belajar Sembilan tahun. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, maka peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B memiliki semangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga materi pengetahuan dan keterampilan yang disampaikan oleh tutor akan mudah dipahami dan dipraktekkan oleh peserta didik serta munculnya rasa percaya diri dalam diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan dan menganalisis motivasi belajar dalam mendukung keberhasilan belajar peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data library research atau studi kepustakaan, teknik pengumpulan data yang dijadikan bahan penelitian berupa buku, artikel, skripsi, dan jurnal. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sangatlah diperlukan motivasi belajar dalam mendukung keberhasilan belajar peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B, dikarenakan dengan adanya motivasi belajar yang tinggi maka akan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap terhadap diri peserta didik pendidikan kesetaraan Paket B sehingga akan menghasilkan keberhasilan belajar yang tinggi.
Kata Kunci: motivasi belajar, keberhasilan belajar
Motivation to learn in a person is very important, everyone certainly has the desire to continue learning in order to complete the nine-year compulsory education so that it is easy to find work. However, in reality there are still many individuals who do not have high learning motivation in completing the nine-year compulsory education. With the high motivation of learning, the students of equality education in Package B have the enthusiasm in participating in learning so that the material knowledge and skills delivered by tutors will be easily understood and practiced by students as well as the emergence of self-confidence in students. The purpose of this study is to describe and analyze learning motivation in supporting the learning success of Equality Packet education students. This study uses a qualitative approach with library research data collection methods or library research, data collection techniques used as research material in the form of books, articles, theses, and journals. The results of this study are highly needed learning motivation in supporting the learning success of Paket B equality education students, due to the high learning motivation it will increase knowledge, skills and change attitudes towards self-education of Package B equality education so that it will produce successful learning tall one.
Keywords: learning motivation, learning success