Meta Analisis Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi
Meta Analysis of the Effect of Learning Media Application on Construction Cost Estimation Subjects
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang efektif dapat membuat peserta didik mengerti dan memahami sebuah materi yang disampaikan oleh seorang pendidik. Salah satu sarana dalam proses pembelajaran adalah media/perangkat pembelajaran, diantaranya yaitu media elektronik dan media cetak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Metode yang digunakan pada literature review ini adalah metode meta-analisis. Jurnal yang dianalisis berasal dari Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan UNESA dan Google Scholar sebanyak lima jurnal. Dalam penelitian ini analisis yang dikaji adalah effect size dari penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi, diantaranya yaitu hasil belajar, klasifikasi media, format pembelajaran, dan materi yang diajarkan. Effect size pengaruh penerapan media pada mata pelajaran estimasi biaya konstruksi dengan sebesar 0,792 kategori standar sedang. Dari keseluruhan jurnal yang dikaji diperoleh tiga jurnal yang menggunakan media cetak dengan sebesar 1,026 dan dua jurnal yang lain menggunakan media elektronik dengan sebesar 0,441. Dengan hasil effect size tersebut menunjukan bahwa penerapan media cetak memiliki pengaruh yang besar dalam hasil belajar peserta didik. Effect size pada format pembelajaran Drill & Practice berpengaruh sedang dengan sebesar 0,792. Effect size materi yang diajarkan diperoleh pengaruh yang besar pada materi mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi kayu dengan sebesar 2,162. Effect size pada materi menghitung rencana angaran biaya beton bertulang berpengaruh sedang dengan sebesar 0,458. Effect size pada materi menghitung volume pekerjaan bangunan gedung berpengaruh sedang dengan sebesar 0,444. Effect size materi menghitung dinding, atap, dan sanitasi berpengaruh sedang dengan sebesar 0,438.
Kata Kunci: Effect Size, Media Pembelajaran, Meta-analisis.
Good learning is effective learning that can make students understand the material presented by an educator. One of the supports in the learning process is media / learning devices, including electronic media and printed media. This study aims to analyze the application of instructional media in improving student learning outcomes in the subject of estimating construction costs. In the literature review in this study, the data collection method used the meta-analysis method. The journals that were analyzed came from the Journal of Building Engineering Education Studies UNESA and Google Scholar as many as five journals. In this study, the analysis studied was the effect size of the application of instructional media in the subject of estimating construction costs, including learning outcomes, classification of instructional media, learning formats, and material being taught. The effect size of the effect of the application of learning media on the subject of estimating construction costs with is 0.792 in the medium standard category. From all the journals studied, there were three journals that used print media with of 1.026 and the other two journals using electronic media with of 0.441. With the results of this effect size, it shows that the application of print media has a great influence on student learning outcomes. The effect size of the Drill & Practice learning format has a moderate effect with of 0.792. The effect size of the material being taught has a great influence on the material categorizing the types of wood construction work with of 2.162. Effect size on the material calculates the budget plan for reinforced concrete with moderate effect of 0.458. The effect size on the material calculates the volume of building work with a moderate effect with of 0.444. The effect size of the material calculates the wall, roof, and sanitation as having a moderate effect with of 0.438.
Keywords: Effect Size, Learning Media, Meta-analysis.