ANALISIS BUKU TEKS TEMATIK BERORIENTASI MUATAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SEKOLAH DASAR
ANALYSIS OF THEMATIC TEXT BOOK ORIENTED BY SUSTAINABLE DEVELOPMENT IN ELEMENTARY SCHOOL
Pembangunan berkelanjutan ialah sebuah visi pembangunan yang fokus pada berbagai aspek kehidupan dengan harapan agar segala aspek kehidupan saat ini juga dapat dirasakan oleh generasi berikutnya. Pencetusan Dekade Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Decade of Education for Sustainable Development / DESD) oleh PBB 2005 - 2014 menunjukkan bahwa UNESCO berperan sebagai agen pemimpin dalam mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada abad 21 baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, serta lingkungan dengan cara mengintegrasikan prinsip, nilai dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan melalui pelaksanaan pendidikan utamanya dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia menerapkan Kurikulum 2013, dimana pada pelaksanaannya dalam setiap pembelajaran mengintegrasikan beberapa mata pelajaran yang didesain sesuai dengan kehidupan nyata, sehingga hal - hal yang dipelajari peserta didik di sekolah dapat diterapkan di kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan Sustainable Development apa saja yang terdapat pada pembelajaran tematik dan bagaimana pengintegrasiannya, utamanya di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis analisis isi kuantitatif deskriptif, dimana data yang dipergunakan diambil dari buku teks tematik baik buku guru maupun buku siswa mulai dari kelas I hingga kelas VI terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep Sustainable Development sudah diterapkan dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sekolah dasar, dimana konsep yang paling banyak diterapkan dalam pembelajaran adalah keberlanjutan sosial dengan presentase 53%, kemudian keberlanjutan lingkungan sebesar 24%, keberlanjutan ekonomi sebanyak 15%, dan keberlanjutan pembangunan inklusif dan pemanfaatannya sebanyak 8%, hasil pengintegrasian seluruh konsep hanya menunjukkan 0.1%. 30% penerapan konsep Education for Sustainable Development dalam pembelajaran mengedepankan aspek kognitif, dan juga terdapat 24% pembelajaran yang telah mengintegrasikan aspek kognitif, afekfif, dan psikomotor.
Sustainable development is a vision of development that focuses on various aspects of life in the hope that all aspects of life today can also be felt by the next generation. The creation of the Decade of Education for Sustainable Development (DESD) by the United Nations 2005-2014 shows that UNESCO has a role as a lead agent in overcoming various problems that occur in the 21st century both in terms of social, cultural, economic, and environmental in a way integrating principles, values in the implementation of sustainable development through the implementation of primary education in the learning process. The implementation of education in Indonesia applies the 2013 Curriculum, which in its implementation in each learning integrates several subjects that are designed in accordance with real life, so that things learned by students in school can be applied in real life. The purpose of this study is to determine what content of Sustainable Development is contained in thematic learning and how it is integrated, especially at the elementary school level. This research is a quantitative study, with a quantitative descriptive content analysis type, where the data used is taken from thematic textbooks both teacher's books and student books ranging from class I to class VI published by the Ministry of Education and Culture. Data collection techniques in this study using documentation. The results of this study indicate that the concept of Sustainable Development has been applied in the 2013 thematic learning curriculum in elementary schools, where the concepts most widely applied in learning are social sustainability with a percentage of 53%, then environmental sustainability by 24%, economic sustainability by 15%, and sustainability inclusive development and utilization of as much as 8%, the results of integrating all concepts only show 0.1%. 30% of the application of the concept of Education for Sustainable Development in learning puts forward cognitive aspects, and there are also 24% of learning that has integrated cognitive, affective, and psychomotor aspects.