Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan awal (prior knowledge) peserta didik terhadap pemanfaatan tumbuhan di lingkungan sekitarnya. Pengetahuan awal yang dimaksud adalah informasi penting dalam domain pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik dengan karakteristik informasi berasal dari kejadian nyata, informasi teman, orang dewasa dan teman sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data tentang pengetahuan jumlah tanaman bermanfaat, pemahaman nama lokal dan organ yang dimanfaatkan serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran penelitian adalah 50 peserta didik SMA Negeri 1 Kamal, kecamatan Kamal, kabupaten Bangkalan dengan jumlah tumbuhan bermanfaat yang ada sebanyak 40 spesies. Penelitian dilaksanakan pada bulan November dan Desember 2018. Instrumen penelitian berupa angket tertutup dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan awal peserta didik tentang pemanfaatan tumbuhan kurang baik. Dari total 14 tumbuhan bermanfaat yang tercantum dalam angket, sebanyak 58% peserta didik mengenal 8-10 nama tumbuhan, 52% mengetahui 4-7 nama lokal tumbuhan, dan hanya 50% mengetahui 1-3 manfaat tumbuhan. Sebanyak 32% peserta didik telah memanfaatkan tumbuhan dan 66% belum pernah memanfaatkan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan minimnya tumbuhan bermanfaat di sekitar sekolah, kurangnya pengetahuan pengelolaan tumbuhan bermanfaat dan kurangnya keterampilan dalam pengelolaan tanaman bermanfaat. Kata kunci: pengetahuan awal, pemanfaatan tumbuhan
The objective of this research is to describe student preliminary knowledge (prior knowledge) on the utilization plants in surrounding environment. The prior knowledge discussed is an important information in the domain of knowledge possessed by students with the characteristics of information derived from real events, information of friends, adults and peers. The type of this research is quantitative descriptive research to obtain data on the knowledge of the number of beneficial plants, understanding local names and organs used and their use in daily life. The object of the research was 50 students of SMA Negeri 1 Kamal, Kamal subdistrict, Bangkalan regency with 40 useful species of plants. This research was conducted in November and December 2018. The research instrument was a closed questionnaire and the data obtained were analyzed using percentages. The results showed that student’s prior knowledge about the use of plants was not good. Of the total 14 beneficial plants listed in the questionnaire, 58% of students knew 8-10 plant names, 52% knew 4-7 local names of plants, and only 50% knew 1-3 plant benefits. As many as 32% of students have used plants and 66% have never used plants in their daily lives. This is due to the lack of useful plants around the school, lack of useful plant management knowledge and lack of skills in managing beneficial plants. Key words: prior knowledge, utilization of plants