Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Daring Public Speaking dengan Menggunakan Zoom
The Undergraduates' Perceptions About Learning Public Speaking Online by Using Zoom
Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang harus diajarkan kepada siswa. Namun, dikarenakan adanya wabah Covid-19, pemerintah memerintahkan agar sekolah termasuk universitas untuk melakukan pembelajaran secara daring. Salah satu platform yang digunakan oleh universitas untuk menunjang pembelajaran daring mereka adalah menggunakan Zoom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran daring menggunakan Zoom di kelas public speaking dan mendeskripsikan persepsi mahasiwa terhadap kegunaan Zoom sebagai alat pembelajaran untuk belajar berbicara. Penelitian ini menggunakan penelitian survei dan melibatkan 56 mahasiswa semester 2 sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk persepsi mahasiswa tentang penerapan pembelajaran daring menggunakan Zoom di kelas public speaking, mahasiswa setuju dengan beberapa pernyataan bahwa pembelajaran daring melalui Zoom cocok untuk situasi saat ini karena dapat memperlancar proses pembelajaran, dengan demikian mahasiswa menikmati proses pembelajaran dan merasa terlibat di dalam kelas. Sementara itu, terkait persepsi mahasiswa terhadap kegunaan Zoom sebagai alat pembelajaran untuk kelas public speaking, mahasiswa merespon dengan hasil positif atau menyetujui semua komponen yang diberikan, penjelasan lebih dijelaskan dalam hasil dan pembahasan.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, Zoom, persepsi mahasiswa.
Speaking is one of the English language skills that must be taught to students. However, due to the Covid-19 outbreak, the government ordered schools including universities to conduct online learning. One of the platforms used by universities to support their online learning was using Zoom. The aims of this research were to describe the student’s perception about the implementation of online learning by using Zoom in Public Speaking class and about the use of Zoom as a learning tool to learn speaking. This research used survey research and involved 56 students from the 2nd semester as respondents. The results of this research indicated that for students' perceptions of the application of online learning using Zoom in public speaking classes, students agreed with some statements that online learning via Zoom was suitable for the current situation because it could smooth the learning process, thus students enjoyed the learning process and felt involved in the class. Meanwhile, related to students' perceptions of the use of Zoom as a learning tool for public speaking classes, students responded with positive results or agreed to all of the components given, more clearly explained in the results and discussion.
Keywords: Speaking skill, Zoom, the undergraduates' perceptions.