Pengaruh Permainan Ball Mastery Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini
The Effect of Ball Mastery Game on Gross Motor Ability of Early Childhood
Latar belakang penelitian ini adalah minimnya kemampuan pada aspek keseimbangan, kecepatan dan kekuatan motorik kasar anak usia dini. Tujuan penelitian eksperimen ini untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh permainan ball mastery terhadap kemampuan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif pre eksperimental design dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 anak TK B di Yayasan Pendidikan dan Sosial Dikara Edu Center adalah subyek dalam penelitian ini. Observasi digunakan dalam teknik pengumpulan data. Statistik non parametrik uji Wilcoxon dengan SPSS versi 22 adalah teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan yang lebih baik pada posttest sesudah diberikan treatment ball mastery melalui metode demonstrasi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Kappa Kohn sebesar 0,800 dengan kategori tinggi maka, sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji reliabilitas bahwa semua item variabel pretest adalah konsisten atau reliabel. Hasil uji Wilcoxon memiliki besaran nilai pada Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima yang artinya terdapat perbedaan antara kegiatan pemberian pretest dan posttest. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh pada kegiatan ball mastery melalui metode demonstrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak TK B di Yayasan Pendidikan dan Sosial Dikara Edu Center. Implikasi permainan ball mastery yaitu meningkatnya kemampuan kecepatan, keseimbangan, dan kekuatan pada motorik kasar anak. Pemberian stimulus yang tepat dari guru dan orangtua sangat mempengaruhi capaian kemampuan motorik kasar pada anak.
Kata Kunci: anak usia dini, motorik kasar, ball mastery
The background of this research is the lack of ability in the aspects of balance, speed and gross motor strength in early childhood. The purpose of this eksperimental research is to prove the effect of ball mastery on gross motor skills in early childhood. This research uses a pre- eksperimental quantitativ approach with the type of research one group pretest posttest design. Children aged 5-6 years, totaling 15Kindergarten B children at the Dikara Edu Center Education and Social Foundation are the subjects in this study. Observation is used in data collection techniques. Non-parametric statistic Wilcoxon test with SPSS version 22 is the data analysis techniques in this study. The results showed that there was a change in the posttest after being given ball mastery treatment through the demonstration method. The result of the reliability test show that the Cohens Kappa value is 0,800 with a high category so, as the basis for decision making in the reliability test that all pretest variable items are consistent or reliable. Wilcoxon test result have a value of Asymp. Sig. (2-tailed) is 0,001 less than 0,05 then the hypothesis is accepted which means that there is a difference between the activities of giving pretest and posttest. The conclusion is that there is a relevant influence on Ball Mastery activities through the demonstration method on the motor skills of Kindergarten B children at the Dikara Edu Center Education and Social Foundation. The implication of ball mastery game is to increase the ability of balance speed and strength in chikdren’s gross motor skills.Giving the right stimulus from teacher and parents greatly affects the achievement of gross motor skills in children.
Keywords: early chilhood, gross motoric, ball mastery