Buku tematik sekolah dasar memiliki susunan layout yang berbeda dengan buku teks pelajaran lain. Hal tersebut karena materi yang terdapat didalamnya berisi gabungan beberapa mata pelajaran dan lebih menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur elemen dan prinsip desain layout yang diterapkan serta kesesuiannya ditinjau dari perkembangan psikologis anak. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan mengobservasi desain layout buku tematik secara langsung. Hasil observasi didukung dengan dokumentasi dan wawancara narasumber terkait untuk mengecek keabsahannya. Hasil yang didapatkan kemudian digunakan sebagai acuan dibuatnya rekomendasi perancangan desain layout yang lebih sesuai. Penelitian yang telah dilakukan mendapat hasil bahwa struktur elemen layout yang digunakan meliputi tiga elemen. Elemen visual, berupa ilustrasi, foto, kickers, kotak dan garis. Elemen teks berupa judul, bodytext, deck, caption, callouts, dan footer. Elemen tak terlihat berupa margin dan grid. Sedangakan, prinsip desain secara keseluruhan belum diterapkan secara maksimal baik pada balance, emphasis, sequence, maupun unity. Desain layout buku tematik kelas 5 sekolah dasar kurang sesuai dan perlu diperbaiki. Misalnya pada jenis huruf yang digunakan, penempatan, kualitas, dan ukuran gambar pendukung materi, penyusunan teks, dan beberapa hal lain. Selain itu, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa desain pada layout buku memiliki kaitan dengan perkembangan psikologis anak sehingga perlu adanya penyesuaian supaya buku dapat maksimal. Beberapa contoh dari layout dari hasil penelitian juga dibuat sebagai bahan referensi.
Elementary school thematic books have a different layout with other textbooks. That is because the material contained in it contains a combination of several subjects and requires students to be active in learning activities. This study aims to determine the structural elements and layout design principles that are applied and their suitability in terms of the psychological development of children. The method used is descriptive qualitative by directly observing thematic book layout designs. The results of the observation are supported by documentation and interviews of related sources to check their validity. The results obtained are then used as a reference for making more appropriate layout design recommendations. This research has been done gets the result that the layout element structure used includes three elements. Visual elements, in the form of illustrations, photos, kickers, boxes and lines. Text elements in the form of title, bodytext, deck, caption, callouts, and footer. Invisible elements are in the form of margins and grids. While, the overall design principle has not been maximally applied to the balance, emphasis, sequence, or unity. The design of the thematic grade 5 elementary school layout is not appropriate and needs to be improved. For example in the type of font used, placement, quality, and size of images supporting the material, preparation of text, and several other things. In addition, this study gets the result that the design of the book layout has a relationship with the psychological development of children so there needs to be an adjustment so that the book can be maximized. Some examples of layouts from research results are also made as reference material.