Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Menonton Digital Storytelling
Improving Vocabulary Mastery of Junior High School Students by Watching Digital Storytelling
Mempelajari kosakata menjadi salah satu tantangan dalam pembelajaran bahasa. Memilih media yang tepat akan membantu siswa untuk mendapatkan kata-kata baru. Memanfaatkan cerita yang diunggah ke dalam aplikasi digital dalam mempelajari kosakata dapat membantu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Voicethread sebagai media penyampaian cerita meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMP dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap digital storytelling untuk meningkatkan penguasaan kosakata. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Ada pre-test dan post-test untuk mencari peningkatan jumlah kosakata baru. Juga, ada kuesioner untuk mengetahui persepsi siswa menggunakan Voicethread dalam pembelajaran kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosakata siswa meningkat. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan digital storytelling dan merekomendasikan penggunaan digital storytelling dalam pembelajaran kosakata. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa digital storytelling berpengaruh terhadap motivasi belajar mandiri.
Learning vocabulary becomes one of the challenges in language learning. Choosing the right media will help the student to gain new words. Utilizing stories uploaded into digital applications in learning vocabulary can be helpful. This study aims to seek whether Voicethread as the media delivering story improves vocabulary mastery of junior high school students and to find students’ perception of digital storytelling to improve vocabulary mastery. This research is experimental research using quantitative descriptive methods. There are pre-test and post-test to seek the increasing number of new vocabulary. Also, there is a questionnaire to find the students’ perception of using Voicethread in vocabulary learning. The result of the study reveals that students’ vocabulary increased. The students give positive responses to the use of digital storytelling and recommend using digital storytelling in vocabulary learning. The result also indicates that digital storytelling influences motivation to study independently.