ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN FONEM BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X IPA 6 SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
ANALYSIS OF GERMAN PHONEME PRONUNCIATION ERRORS STUDENTS OF CLASS X SCIENCE 6 SMA NEGERI 1 DRIYOREJO
Rumusan masalah dalam penulisan artikel ini adalah Apa saja jenis-jenis kesalahan pelafalan peserta didik SMA Negeri 1 Driyorejo dalam melafalkan fonem bahasa Jerman ?, frekuensi terjadinya kesalahan pelafalan fonem bahasa Jerman dan apa saja faktor penyebab terjadinya kesalahan pelafalan?. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan pelafalan fonem bahasa Jerman , untuk mengetahui frekuensi terjadinya kesalahan pelafalan Bahasa Jerman dan faktor penyebab terjadinya kesalahan pelafalan. Subjek pada artikel ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo. Metode pengambilan sampel dalam artikel ini menggunakan metode acak (random sampling) dan kelas X IPA 6 terpilih sebagai sampel yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes lisan dan rekaman suara yang difokuskan pada pelafalan. Teknik analisis data yang digunakan dalam artikel ini adalah metode padan artikulatoris. Manfaat penulisan artikel ini agar penulis dapat mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik, dan peserta didik dapat mengevaluasi dalam menilai ketepatan pelafalannya dalam berbahasa Jerman Dari hasil penulisan artikel ditemukan beberapa kesalahan pelafalan fonem bahasa Jerman diantarnaya : fonem vocal [ʏ] [y:] sebanyak 28 (82,35%), fonem vocal [ø:] sebanyak 25 (73,52%), fonem konsonan [ʃ] sebanyak 24 (70,58%), fonem konsonan [ç] sebanyak 21 (61,74%), bunyi diftong /ai/ dan /eu/ yang seharusnya dilafalkan [ai] dan [ɔy] sebanyak 17 (50%).
The formulation of the problem in writing this article is what are the types of pronunciation errors of students in pronouncing German phonemes ?, the frequency of german phoneme pronunciation errors and what are the factors causing pronunciation errors?. The purpose of writing this article is to describe the types of German phoneme pronunciation errors, to find out the frequency of occurrence of German pronunciation errors and the factors causing the occurrence of pronunciation errors. The subject of this article is a class X student of SMA Negeri 1 Driyorejo. The sampling method in this article uses a random sampling method and class X IPA 6 was selected as a sample of 34 people. Data collection was carried out using oral test instruments and voice recordings focused on pronunciation. The data analysis technique used in this article is the articulatory matching method. The benefits of writing this article are so that the author can find out the types of mistakes made by students, and students can evaluate in assessing the accuracy of their pronunciation in German From the results of writing the article, several errors in the pronunciation of German phonemes were found: vocal phonemes [ʏ] [y:] as many as 28 (82.35%), vocal phonemes [ø:] as many as 25 (73.52%), consonant phonemes [ʃ] as many as 24 (70.58%), 21 (61.74%) consonant phonemes [ç]), the diphthong sounds /ai/ and /eu/ that should be pronounced [ai] and [ɔy] as many as 17 (50%).