Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto
Implementation of the 2013 Curriculum in Class X Economics Subjects in SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto
SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto adalah sekolah yang sudah menerapakan kurikulum 2013. Pada kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi beberapa guru sudah menerapkan kurikulum 2013 tetapi ada juga yang masih menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dan faktor apa saja yang menghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, adapun teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Selanjutnya analisa data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Dalam proses pembelalajaran guru masih mengalami kesulitan untuk menjelaskan materi sesuai kurikulum 2013. Hal tersebut menunjukkan bahwa kurangnya pelatihan guru, sarana prasarana yang kurang memadai dan terbatasnya buku pegangan bagi guru maupun siswa.
Kata Kunci: implementasi, kurikulum 2013, pelaksanaan pembelajaran
SMA Negeri 1 Ngoro Mojokerto is a school that has implemented economic subjects, some teachers have implemented the 2013 curriculum but there are also teachers who still apply the curriculum at the educational unit level. The purpose of this study is to analyze how the learning process and what factors are needed in the implementation of the 2013 curriculum in economic subjects. This research uses qualitative research methods, while the data collection technique is done by interview. Then the data analysis uses descriptive analysis. The results of research in the implementation of the 2013 curriculum include lesson planning, learning implementation, and learning assessment. In the learning process teachers still have difficulty explaining the material according to the 2013 curriculum. This shows that there is a lack of teacher training, inadequate infrastructure and limited handbooks for both teachers and students.
Keywords: implementation, curriculum 2013, implementation of learning