ANALISIS KEEFEKTIFAN E-LEARNING MENGGUNAKAN WEBSITE PADA MATA
PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN MIKROPROSESOR DAN
MIKROKONTROLER DI SMK
E-LEARNING EFFECTIVENESS ANALYSIS USING THE WEBSITE ON THE MICROPROCESSOR AND PROGRAMMING ENGINEERING LESSON MICROCONTROLLER IN SMK
Pada zaman ini, pengetahuan baru yang muncul sebagai hasil pengembangan teknologi yang sangat
pesat, menjadi suatu hal yang memerlukan perhatian khusus. Dalam hal ini siswa didorong untuk
memiliki suatu usaha untuk beradaptasi dengan pengembangan tersebut. Salah satu bentuk usaha
tersebut adalah siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih, khususnya dalam hal
pemanfaatan teknologi. Teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler adalah suatu mata
pelajaran yang berhubungan dengan hasil pengembangan teknologi yang menuntut pengetahuan
tingkat tinggi dari siswa pada akhir pembelajaran. Karena hal itu diperlukan suatu media dan model
pembelajaran yang mumpuni untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Tujuan akhir artikel
ini dibuat adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran e-learning berbasis website
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui pendekatan studi literatur dan meta analisis dengan mengumpulkan beberapa teori yang
relevan untuk memperoleh simpulan secara teoritis, didukung dengan data sekunder untuk
memperoleh simpulan tentang pengaruh menggunakan model pembelajaran e-learning, berbasis
website terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan (SMK). Hasil penelitian ini
menunjukan model pembelajaran e-learning berbasis website dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
In this era, new knowledge that has emerged as a result of the rapid development of technology is
something that requires special attention. In this case, students are encouraged to have an effort to
adapt to this development. One form of this business is that students are expected to have more
knowledge, especially in terms of the use of technology. Microprocessor and microcontroller
programming techniques are one of the subjects related to the results of technological development
that require high-level knowledge from students at the end of learning. Because it requires a media
and a capable learning model to get maximum learning outcomes. The final purpose of this article
is to analyze the effect of the website-based e-learning learning model on student learning outcomes
in these subjects. The data collection method is carried out through a literature study approach and
meta-analysis by collecting several relevant theories to obtain theoretical conclusions, supported by
secondary data to obtain conclusions about the effect of using e-learning, website-based learning
models on learning outcomes of vocational high school students (SMK). The results of this study
indicate that the website-based e-learning model can improve student learning outcomes.