Amaliya, Nuril. 2023. Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berbasis Budaya Lokal Seni
Terbang Rudat dan Tari Ujung Kabupaten Pasuruan Untuk Penguatan Pendidikan
Karakter Siswa. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing Tesis. Dr. Agus Suprijono,
M. Si. ; Dr. Nugroho Hari Purnomo, S. P., M. Si.
Tantangan dan permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia saat ini,
pertama tantangan yang dihadapi lembaga pendidikan formal yang mempunyai peran penting
dalam membangun suatu masyarakat Indonesia baru di-era globalisasi dan reformasi. Kedua,
sistem pendidikan yang cenderung parsial telah menjadikan manusia-manusia Indonesia yang
kurang memahami dan menghargai budaya.
Pandangan di atas memperlihatkan pentingnya memahami dan penghargaan terhadap
budaya lokal sebagai salah satu unsur yang terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional,
khususnya pembelajaran di sekolah, sebagai upaya memberi bekal kepada siswa agar tidak
terasing dari nilai-nilai luhur yang ada, baik sebagai individu, anggota masyarakat lokalnya
maupun sebagai warganegara Indonesia.
Untuk menunjang harapan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan
modul yang layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran IPS berbasis budaya lokal
Kabupaten Pasuruan untuk penguatan pendidikan karakter siswa (2) Mendeskripsikan respon
guru dan siswa terhadap modul pembelajaran IPS berbasis budaya lokal Kabupaten Pasuruan
untuk penguatan pendidikan karakter siswa.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan mengacu pada model desain pengembangan 4D (Four – D Models).
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Pasuruan. Adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah (1) angket validasi ahli materi, (2) angket
validasi ahli media, (3) angket validasi ahli praktisi, guru mata pelajaran IPS (4) soal pre test
dan post test.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: (1) kelayakan pengembangan modul
pembelajaran IPS berbasis budaya lokal, dengan tahapan (a) Pendefinisian (define) dengan
menganalisis bagian hulu yaitu analisis pada siswa, analisis konsep dan analisis tugas.
Selanjutnya analisis hilir yaitu tujuan atau merumuskan kompetensi/keterampilan yang akan
dicapai siswa. (b) Perancangan (design), yaitu perancangan modul pembelajaran IPS berbasis
budaya lokal. (c) Pengembangan (develop), yaitu terdapat uji validitas oleh para ahli dalam
menganalisis kelayakan Modul pembelajaran yang akan dikembangkan. (4) Penyebaran
(disseminate) menditribusikan modul pembelajaran yang telah dikembangkan kepada siswa,
guru mata pelajaran (forum MGMP mata pelajaran) dan lembaga sekolah. (2) Efektivitas
modul pembelajran IPS berbasis budaya lokal menunjukkan berdasarkan Uji t menggunakan
SPSS 20 menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 55 dan kelas
eksperimen adalah 71. Dalam mengambil keputusan, dapat dilihat dari signifikasi, apabila
6,626 ≤ 0,05 = sangat signifikan. Hal ini berarti hasil belajar kelas eksperimen setelah
menggunakan Modul Pembelajaran IPS berbasis kebudayaan lokal lebih baik dari pada kelas
kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar Modul Pembelajaran IPS berbasis kebudayaan
lokal.
Kata Kunci: Pengembanagan Modul Pembelajaran IPS, Berbasis Budaya Lokal,
Pendidikan Karakter, Four-D Models