Innovative Blended Learning Through Meaning (IBLTM) Model to Improve Science Literacy and Form Learners' Character
ABSTRAK Dody Tisna Amijaya. 2024. Model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Membentuk Karakter Peserta Didik. Disertasi, Program Studi S3 Pendidikan Sains, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. dan (II) Dr. Raharjo, M.Si. Kata-kata Kunci: Model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP), literasi sains, karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan membentuk karakter peserta didik SMA. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan literasi sains di kalangan peserta didik Indonesia yang masih tergolong rendah. Selain itu, pembelajaran yang hanya berfokus pada aspek kognitif sering kali mengabaikan pembentukan karakter, padahal hal tersebut penting dalam menghadapi tantangan global. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana mengembangkan sebuah model pembelajaran yang tidak hanya mampu meningkatkan literasi sains, tetapi juga membentuk karakter seperti toleransi, peduli lingkungan, bernalar kritis, dan mandiri. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, model IBLMP dikembangkan dengan lima sintaks, yaitu: 1) mengorientasikan peserta didik pada masalah, 2) penyelidikan terbimbing, 3) diskusi penyelesaian masalah, 4) negosiasi dan konfirmasi, 5) pemaknaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan design model pengembangan yang diadaptasi dari Generic Design Research Model (GDRM) oleh Wademan yang terdiri atas lima tahap yaitu: 1) identifikasi masalah, 2) identifikasi prinsip-prinsip produk dan desain secara tentatif, 3) teori dan produk secara tentatif, 4) membuat prototipe dan menilai produk, dan 5) meningkatkan kualitas produk. Desain uji coba model menggunakan one grup pre test and post test design dengan kelas replikasi tanpa menggunakan kelas kontrol. Sampel penelitian sebanyak 110 peserta didik kelas X-1, X-2, X-4, X-7, dan X-11 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi, lembar observasi, tes literasi sains, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model IBLMP valid secara isi dan konstruk dengan indeks validitas isi Aiken’s V sebesar 0,96 berkategori sangat valid dan skor validitas konstruk rata-rata 3,69 berkategori sangat valid, 2) model IBLMP praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan skor rata-rata lebih dari 3,29 berkategori sangat baik, dan 3) model IBLMP efektif ditinjau rata-rata n-gain literasi sains sebesar 0,75 berkategori tinggi dan rata-rata respon siswa sebesar 86% berkategori sangat baik, dan model IBLMP terbukti efektif dalam meningkatkan empat aspek karakter peserta didik yang terdiri atas karakter toleransi, peduli lingkungan, bernalar kritis, dan mandiri. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa model IBLMP dinyatakan layak untuk meningkatkan literasi sains dan membentuk karakter peserta didik.
Dody Tisna Amijaya. 2024. Model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Membentuk Karakter Peserta Didik. Disertasi, Program Studi S3 Pendidikan Sains, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. dan (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Kata-kata Kunci: Model Innovative Blended Learning Melalui Pemaknaan (IBLMP), literasi sains, karakter peserta didik.
Dody Tisna Amijaya. 2024. Innovative Blended Learning Through Meaning (IBLMP) Model to Improve Science Literacy and Form Learners' Character. Dissertation, Doctoral Program in Science Education, Faculty of Mathematics and Natural Science, Surabaya State University. Advisors: (I) Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M.Pd. and (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Key Words: Innovative Blended Learning Through Meaning (IBLMP) model, science literacy, learner character.
This research aims to produce a valid, practical, and effective Innovative Blended Learning Through Meaning (IBLMP) model to improve science literacy and build the character of high school students. The background of this study is based on the need to improve science literacy among Indonesian students, which is still relatively low. In addition, learning that only focuses on cognitive aspects often neglects character building, even though it is important in facing global challenges. The problem that arises is how to develop a learning model that is not only able to improve science literacy, but also build characters such as tolerance, environmental care, critical reasoning, and independence. To solve this problem, the IBLMP model was developed with five syntaxes, namely: 1) orienting learners to the problem, 2) guided inquiry, 3) problem solving discussion, 4) negotiation and confirmation, 5) meaning. This development research uses a development model design adapted from the Generic Design Research Model (GDRM) by Wademan which consists of five stages, namely: 1) problem identification, 2) identification of product principles and design tentatively, 3) theory and product tentatively, 4) prototyping and assessing the product, and 5) improving product quality. The model trial design used a one group pre test and post test design with a replication class without using a control class. The research sample was 110 students of X-1, X-2, X-4, X-7, and X-11 SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. The research instruments consisted of validation sheets, observation sheets, science literacy tests, and student response questionnaires. The results showed that: 1) the IBLMP model is valid in content and construct with an Aiken's V content validity index of 0.96 categorized as very valid and an average construct validity score of 3.69 categorized as very valid, 2) the IBLMP model is practical in terms of learning implementation with an average score of more than 3.29 categorized as very good, and 3) the IBLMP model is effective, and 3) the IBLMP model is effective in terms of the average n-gain of science literacy of 0.75 in the high category and the average student response of 86% in the very good category, and the IBLMP model is proven effective in improving four aspects of student character consisting of tolerance, environmental care, critical reasoning, and independent character. Therefore, it can be concluded that the IBLMP model is declared feasible to improve science literacy and build students' character.