Hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar
The relationship between breakfast habits and learning
Kesehatan merupakan hal yang utama dalam kehidupan semua orang, mental maupun fisik. Aktivitas yang dilakukan seseorang seperti belajar, bekerja, berolahraga maupun berpikir normal dimulai dari mengkonsumsi gizi yang sehat dan seimbang. Asupan gizi pertama kali diperoleh seseorang adalah dari sarapan. Membiasakan diri untuk sarapan dapat memicu tingkat konsentrasi dalam belajar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dengan konsentrasi belajar. Penelitian ini merupakan sebuah studi literatur (literature review) yaitu sebuah pencarian literatur dan merangkum beberapa literatur yang relevan dengan tema baik internasional maupun nasional dengan menggunakan database EBSCO, ScienceDirect, dan Proquest. Kemudian sebagai tambahan peneliti juga melakukan pencarian melalui Google Scholar dan PubMed. Kriteria literatur yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2010-2020. Hasilnya menunjukkan bahwa kebiasaan sarapan memiliki hubungan dan berdampak positif terhadap konsentrasi belajar. Lingkungan keluarga merupakan tempat pendidikan awal terbentuk gaya hidup sehat, khususnya kebiasaan sarapan. Perlunya peran dari dinas/lembaga kesehatan atau pihak terkait untuk mengadakan semacam penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat Indonesia akan pentingnya sarapan. Disarankan, dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar seseorang, penelitian sejenis diharapkan mampu menyajikan faktor-faktor yang lebih bervariasi yang berdampak terhadap konsentrasi belajar, sehingga didapatkan hasil yang lebih beragam.
Health is the main thing in everyone's life, mentally and physically. Activities carried out by someone such as studying, working, exercising or thinking normally starts from consuming healthy and balanced nutrition. The first nutritional intake obtained by someone is from breakfast. Getting used to breakfast can trigger a level of concentration in someone's learning. This study aims to determine the relationship of breakfast habits with concentration of learning. This research is a literature study (literature review), which is a literature search and summarizes some literature that is relevant to both international and national themes using the EBSCO, ScienceDirect, and Proquest databases. Then in addition researchers also conducted searches through Google Scholar and PubMed. Literature criteria used are those published in 2010-2020. The results show that breakfast habits have a relationship and have a positive impact on learning concentration. The family environment is where early education forms healthy lifestyles, especially breakfast habits. Needs a role from the health department / institution or related stakeholders to hold some kind of counseling or socialization to the Indonesian people regarding the importance of breakfast. It is recommended, with many factors that influence someone's concentration of learning, similiar research is expected to be able to present more varied factors that have an impact on learning concentration, so that more diverse results are obtained.