Pengembangan "Papan Flash" sebagai Media untuk Mengajar Kemampuan Berbicara
Developing "Flash Board" as Medium for Teaching Speaking
Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan bahasa diantara empat kemampuan bahasa yang paling penting. Fakta yang terjadi di Indonesia sekarang mayoritas siswa tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik meskipun mereka sudah belajar bahasa Inggris selama bertahun-tahun. Beberapa kebijakan pada Kurikulum 13 sudah ditetapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan juga untuk membuat siswa aktif berbicara dalam bahasa Inggris. Namun, pada kenyataannya siswa hanya mampu menirukan model yang ada daripada mengembangkan ide mereka untuk berbicara. Pada hal ini, menentukan strategi untuk mengajarkan kemampuan berbicara sangat diperlukan. Salah satu cara untuk menyelesaikan hal ini adalah dengan menggunakan media. Flash-Board, sebuah media berbasis computer telah dikembangkan menjadi media yang efektif dengan menggunakan rancangan penelitian R&D. R&D adalah rancangan penelitian yang digunakan untuk menciptakan produk baru dan mengevaluasi produk tersebut melalui beberapa percobaan. Rancangan peneliatian ini mencantumkan bebrapa tahapan seperti validasi materi dan media, serta evaluasi lapangan. Evaluasi lapangan di laksanakan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Jombang. Kelas 10 dari sekolah ini dipilih sebagai peserta dalam penelitian. Deskriptive text dipilih sebagai topic untuk mengembangkan kemampuan berbicara. Tujuannya untuk mengetahui apakah media yang telah dikembangkan dapat dijalankan atau tidak dan bagaimana persepi guru dan siswa ketika menggunakan media ini. Berdasarkan hasil dari tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan, Flash-board cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Permainan ini juga memotivasi siswa dan membuat siswa lebih kreatif dalam mengembangkan ide.
Speaking is the most demanding skill among the fourth language skills as it is also the main aim of learning language. The fact which happened in Indonesia today is most students cannot communicate using English well even they have learned English for years. Some policies in teaching English by Curriculum 2013 had been made to enable the students become active learners. To deal with this case, deciding the most appropriate learning strategies to teach speaking is necessary. One strategy to solve this problem is by using a medium. A computerized medium called Flash-Board was developed under R&D design into an effective medium. R&D is a research design that used in creating a new product and evaluating the product through some experiments. This method included some stages such as material and expert validation, also field evaluation. The field evaluation was held at one of Senior High Schools in Jombang. The tenth grade of this school became the participant in the research. One of the topics chosen was Descriptive text. The aim was to find out either the medium works or not and whether it can improve the students in Speaking Skill. Based on the result, Flash-Board is suitable to use in learning English, especially for speaking. It also attracts the students so that they can be more creative and expand their idea