Media hiburan di era digital tidak akan pernah berhenti, sebelumnya dari televisi dan radio analog, sekarang mengalami perkembangan seperti munculnya televisi berlangganan seperti MNC Vision, podcast, subscription video on demand seperti Netflix, VIU, IQIYI, dll. Masyarakat mulai bergeser dari media sebelumnya karena kemunculan media yang lebih memuaskan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh keunggulan relatif, kelambanan pelanggan, dan keyakinan normatif terhadap niat beralih. Responden adalah pelanggan televisi berbayar MNC Vision sebanyak 200 responden. Pengambilan sampling penelitian ini melalui teknik non-probability dengan metode judgemental sampling. Pengolahan data melalui analisis regresi linier berganda. Variabel keunggulan relatif, kelambanan pelanggan, dan keyakinan normatif dinyatakan berpengaruh signifikan terhadap niat beralih dalam penelitian ini.
Entertainment media in the digital era will never stop, previously from analog television and radio, now experiencing developments with the emergence of pay television such as MNC Vision, podcasts, video on demand subscriptions such as Netflix, VIU, IQIYI, etc. Society began to shift away from the previous media due to the emergence of more satisfying media. This research is a quantitative study that aims to analyze the effect of relative advantage, consumer inertia, and subjective norm on switching intention. Respondents were 200 MNC Vision pay-TV consumers. Sampling research using non-probability techniques with the judgmental sampling method. Data processing through multiple linear regression analysis. The variables of relative advantage, consumer inertia, and subjective norm have a significant effect on the switching intention from this study.