SORAKDASTRA: Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Siswa Tunanetra
SORAKDASTRA: Innovation in Learning Media to Enhance Basic Movement Skills of Blind Students
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar siswa tunanetra melalui penerapan media SORAKDASTRA dalam latihan sirkuit. SORAKDASTRA memanfaatkan latihan sirkuit, yang digunakan untuk melaksanakan latihan gerakan dasar yang disesuaikan dengan jenis gerakan dasar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Intrumen pengumpulan data adalah angket menggunakan instrumen penilaian media dan instrumen keterampilan gerak dasar. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan selama satu bulan dan mencakup enam sesi pendampingan. Selanjutnya, tugas gerakan dasar yang dirancang untuk siswa divalidasi oleh para ahli dan praktisi pendidikan jasmani dengan skor 98,6% untuk ahli pendidikan jasmani adaptif,97,3% untuk ahli keterampilan motorik, 98,6% untuk ahli tunanetra, 94,6% untuk ahli media, dan 85,3% untuk ahli desain permukaan.
SORAKDASTRA adalah buku yang terbuat dari kain bekas dan disulam dalam bentuk 3D untuk menciptakan efek timbul pada gambar aktivitas dasar. Berdasarkan analisis statistik, hasil uji non- parametrik untuk keterampilan menunjukkan hasil signifikan (Sig<0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran keterampilan gerak dasar non-lokomotor, lokomotor, dan manipulatif pada siswa di SLB A. Hasil pembelajaran siswa meningkat sebesar 57% berdasarkan uji N-Gain. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa guru dan siswa tunanetra sangat membutuhkan media pembelajaran SORAKDASTRA untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar (non-lokomotor, lokomotor, dan manipulatif).
Kata Kunci : Keterampilan Gerak Dasar, Media Pembelajaran,SORAKDASTRA
The purpose of this research is to improve the basic movement skills of blind students through the application of SORAKDASTRA media in circuit training. SORAKDASTRA utilizes circuit training, which is used to conduct basic movement exercises tailored to the types of basic movements in physical education learning. The research method employed is developmental. This development research uses the ADDIE model design (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data collection instrument is a questionnaire using media assessment instruments and basic movement skills instruments. Data analysis in this study was conducted using quantitative descriptive analysis. Data collection was carried out over one month and included six accompanying sessions. Subsequently, the basic movement tasks designed for the students were validated by experts and practitioners in physical education with scores of 98.6% for adaptive physical education experts, 97.3% for motor skills experts, 98.6% for blind experts, 94.6% for media experts, and 85.3% for surface design experts. SORAKDASTRA is a book made from scrap fabric and embroidered in 3D to create a raised effect on the images of basic activities. Based on statistical analysis, the results of the non-parametric test for skills were significant (Sig<0.05), indicating an improvement in the learning outcomes for non-locomotor, locomotor, and manipulative basic movement skills among students at SLB A. The learning outcomes for the students improved by 57% using the N-Gain test. Based on data analysis and discussion, it can be concluded that teachers and blind students greatly need the SORAKDASTRA learning media to enhance basic movement skills (non-locomotor, locomotor, and manipulative).
Keywords: Basic Movement Skills, Media Learning,SORAKDASTRA