Warga belajar memanfaatkan literasi media dalam membangun Middle Order Thinking Skills (MOTS) yang mencakup mengaplikasikan dan menganalisis. Namun dalam pemanfaatan media sosial warga belajar masih dianggap kurang karena pemahaman literasi media yang rendah serta ketidakmampuan warga belajar dalam mengaplikasikan dan menganalisis konten media sosial secara baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan literasi media warga belajar paket B di PKBM Budi Utama Surabaya (2) Mengetahui membangun Middle Order Thinking Skills (MOTS) warga belajar paket B di PKBM Budi Utama Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verivikasi data. Teknik tersebut digunakan untuk mencari data dalam penelitian tentang pemanfaatan literasi media dalam membangun Middle Order Thinking Skills (MOTS) warga belajar paket B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan literasi media warga belajar paket B di PKBM Budi Utama Surabaya sangat beragam. Mayoritas warga belajar sudah melek-media cetak, elektronik, ataupun digital. Dari jenis media tersebut, warga belajar menggemari dan lebih sering memanfaatkan media digital atau media sosial untuk informasi, komunikasi, dan hiburan yang dilakukan di luar ataupun di dalam pembelajaran PKBM Budi Utama Surabaya. Dalam hal ini fasilitator paket B atau tutor memiliki peran penting untuk mengendalikan warga belajar dalam menggunakan media sosial di sekolah saat pembelajaran berlangsung. (2) Membangun Middle Order Thinking Skills (MOTS) warga belajar paket B dengan cara memberikan dorongan atau arahan dalam mengaplikasikan dan menganalisis sesuatu. Middle Order Thinking Skills (MOTS) ini bisa dilakukan warga belajar dalam memanfaatkan melek-media, seperti penggunaan media sosial untuk kebutuhan belajar. Pada praktiknya warga belajar di sekolah sudah mengaplikasikan buku dan media sosial untuk belajar sehingga mampu menganalisis konten media buku dan media sosial untuk membuat garis besar materi dan menjawab soal dari tutor.
Kata kunci : Pemanfaatan literasi media, warga belajar paket B, Middle Order Thinking Skills (MOTS).
Students take advantage of media literacy in building Middle Order Thinking Skills (MOTS) which includes applying and analyzing. But in the use of social media students are still considered lacking because of the low understanding of media literacy and the inability of students to properly apply and analyze social media content. This study aims to (1) Know the utilization of media literacy of student paket B in PKBM Budi Utama Surabaya (2) Knowing to build Middle Order Thinking Skills (MOTS) students B in PKBM Budi Utama Surabaya.
The method used in this study is a qualitative approach, for data collection using in-depth interviewing techniques, participant observation, and documentation. Data is analyzed using data condensation, data presentation, and data verification. The technique is used to find data in research on the use of media literacy in building Middle Order Thinking Skills (MOTS) of student paket B.
The results showed that (1) the utilization of media literacy of student paket B in PKBM Budi Utama Surabaya was very diverse. The majority of students are literate in print, electronic or digital media. From these types of media, students are fond of and more often use digital media or social media for information, communication and entertainment performed outside or in the learning of PKBM Budi Utama Surabaya. In this case facilitator paket B or tutor has an important role to control students in using social media at school when learning takes place. (2) Establishing Middle Order Thinking Skills (MOTS) of students paket B by giving encouragement or direction in applying and analyzing things. This Middle Order Thinking Skills (MOTS) can be done by students in utilizing media literacy, such as the use of social media for learning needs. In practice the students in the school have applied books and social media for learning so that they are able to analyze book media content and social media to outline material and answer questions from tutors.
Keywords: Utilization of media literacy, students paket B, Middle Order Thinking Skills (MOTS).