Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Anak Disleksia dengan Media Digital Audiobooks
Media audiobooks sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan memori ingatan
dalam membentuk kemampuan membaca pemahaman anak disleksia. Selain itu, juga dapat memberikan
efek signifikan yang menguntungkan dalam akurasi membaca. Tujuan dari penulisan ini untuk
menganalisis penerapan teknologi media digital audiobooks pada kemampuan membaca pemahaman
anak kesulitan membaca (disleksia). Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini literature review
yang berasal dari literatur dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs. Analisis data penulisan
ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah. Pengumpulan data ini diperoleh
melalui data base elektronik, dengan jumlah delapan belas artikel nasional maupun internasional terpilih
dan prosiding internasional yang terindeks. Setelah melalui kajian literatur beberapa sumber dari
berbagai negara, artikel ini menyimpulkan bahwa hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan
nilai pada kemampuan membaca pemahaman setelah diterapkannya media digital audiobooks. Pada
literatur dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs nilai rata-rata pre-test yaitu 38,39 dan pada
saat post-test menjadi 62,86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media digital
audiobooks dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak disleksia.
Audiobooks media as a learning medium that can improve memory and memory in shaping the
reading comprehension skills of dyslexic children. In addition, it can have a significant beneficial effect
on reading accuracy. The purpose of this paper is to analyze the application of digital audiobooks media
technology on the reading comprehension ability of children with reading difficulties (dyslexia). The
writing method used in this article is a literature review that comes from the literature with the type of
research being Pre-Experimental Designs. This writing data analysis uses a quantitative approach to solve
the problem. This data collection was obtained through an electronic database, with a total of eighteen
selected national and international articles and indexed international proceedings. After going through a
literature review of several sources from various countries, this article concludes that the results of data
analysis indicate an increase in the value of reading comprehension skills after the implementation of
digital audiobooks. In the literature with the type of research Pre-Experimental Designs the average value
of the pre-test is 38,39 and at the time of the post-test becomes 62,86. Based on these results, it can be
concluded that digital audiobooks media can improve reading comprehension skills in dyslexic children.