ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
ANALYSIS OF THE ABILITY OF CREATIVE THINKING IN SCIENCE LEARNING BASED ON GUIDED INQUIRY
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA SMP melalui inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis terhadap empat praktik pelatihan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu artikel atau jurnal terkait pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA SMP. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penelitian Kurniati et al. (2018) dan Suhartini et al. (2016) lebih efektif dalam melatihkan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing, dengan melatihkan keseluruhan aspek berpikir kreatif yang kemudian diselaraskan dengan tahapan inkuiri terbimbing. Sedangkan pada dua penelitian lain memiliki kekurangan karena aspek berpikir kreatif tidak dilatihkan secara keseluruhan dan terdapat aspek berpikir kreatif yang tidak selaras dengan tahapan inkuiri terbimbing.
This study aims to describe effectiveness of creative thinking training in junior high school science learning through guided inquiry. This study used a qualitative descriptive research method by analyzing four training practices for creative thinking skills in science-based guided inquiry learning that had been carried out by previous researchers. Object of research in this study is an article or journal related to guided inquiry-based learning to improve creative thinking skills in junior high school science learning. Data collection technique used literature study. Data analysis technique in this study used content analysis techniques. Results obtained from this study are the research of Kurniati et al. (2018) dan Suhartini et al. (2016) more effective in training students' creative thinking in science learning based on guided inquiry, by practicing all aspects of creative thinking which are then aligned with the guided inquiry stage. Meanwhile, the two other studies have shortcomings because the creative thinking aspect is not trained as a whole and there are aspects of creative thinking that are not in line with the guided inquiry stage.
Keywords: creative thinking and guided inquiry.