Pemahaman guru tentang tahapan mengajarkan melipat diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan anak pada perkembangan motorik halusnya. Pemahaman guru harus diperhatikan agar lebih tepat saat memberikan kegiatan mengajar melipat. Kegiatan mengajar melipat yang terjadi di lapangan tidak memperhatikan tahapan melipat untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat digunakan untuk mendeskripsikan pemahaman guru tentang tahapan mengajarkan melipat.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah kepada empat responden guru. Masing-masing terdiri dua guru Kelompok A dan dua guru Kelompok B.
Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, pemyajian data dan verifikasi data. Setiap guru memiliki cara menjelaskan dan memberikan contoh yang berbeda, meskipun ada beberapa sedikit kesamaan antara G2 dan G4. Akan tetapi, teradapat dua guru yang belum memenuhi pada tingkatan pemahaman membandingkan karena G1 dan G2 menyamakan kegiatan melipat yang diberikan kepada anak meskipun berbeda tingkatan usia. Simpulan dari penelitian ini diketahui bahwa pemahaman guru tentang tahapan mengajarkan melipat untuk anak usia 4-6 tahun dari dua Taman Kanak-kanak yang ada di Kecamatan Baron masing-masing berada pada tingkatan yang cukup tinggi.
Kata Kunci: Pemahaman guru, tahapan mengajar melipat
The teacher's understanding of the stages of teaching folding is needed to optimize a child's ability to develop fine motor skills. The teacher's understanding must be considered so that it is more appropriate when giving folding teaching activities. Folding teaching activities that occur in the field do not pay attention to the folding stage for children. The purpose of this study is descriptive study can be used to describe the teacher's understanding of the stages of teaching folding.
The research method used is descriptive qualitative. This study only describes the information as it is according to the variable under study. This research was conducted in two schools to four teacher respondents. Each consists of two Group A teachers and two Group B teachers.
The data analysis technique uses the Miles and Huberman models which consist of three stages, namely data reduction, data presentation and data verification. Each teacher has a way of explaining and giving different examples, although there are a few similarities between G2 and G4. However, there are two teachers who have not met the level of understanding comparing because G1 and G2 equate folding activities given to children despite different age levels. The conclusion of this study is that the teacher's understanding of the stages of teaching folding for children aged 4-6 years from two kindergartens in the Baron Subdistrict are each at a fairly high level.
Keywords: Teacher’s understanding, teaching steps of folding