Berdasarkan studi pendahuluan, bahan ajar berupa buku yang digunakan peserta didik tidak terdapat materi lembaga jasa keuangan dengan menambahkan nilai-nilai syariah dan tugas-tugas terstruktur sesuai Kurikulum 2013. Mengingat materi lembaga jasa keuangan terdapat banyak materi syariah dan nilai-nilai syariah. Sehinga peneliti mengembangkan bahan ajar berupa LKPD dengan insert ekonomi syariah berbasis pendekatan saintifik yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD insert ekonomi syariah, kelayakan LKPD berdasarkan validasi para ahli untuk menilai komponen isi, penyajian, dan grafik, serta keefektifan LKPD insert ekonomi syariah dari pretest-posttest dan respon peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Krembung dan objek yang dikembangkan berupa LKPD insert ekonomi syariah berbasis pendekatan saintifik pada materi lembaga jasa keuangan. Hasil validasi para ahli menunjukkan kelayakan komponen isi sebesar 93%, komponen penyajian sebesar 84%, dan komponen grafik sebesar 80%. Rata-rata keseluruhan sebesar 85,6% dalam kategori sangat layak dan respon siswa sebesar 96,66% dalam kategori sangat layak, serta keefektifan yang diperoleh dari ketuntasan klasikal peserta didik 90% dengan gain score sebesar 0,76 dalam kategori tinggi. Sehigga dapat disimpulkan bahwa LKPD insert ekonomi syariah berbasis pendekatan saintifik pada materi lembaga jasa keuangan layak digunakan dalam pembelajaran ekonomi. Saran dari penelitian ini adalah perlu dikembangkan lagi sesuai dengan kemajuan IPTEK dengan sistem berbasis android atau aplikasi dan perluasan materi dalam LKPD hingga satu semester.
Kata Kunci : LKPD, insert ekonomi syariah, Pendekatan Saintifik, Lembaga Jasa Keuangan, Model 4D
Based on preliminary studies, teaching materials in the form of books used by students do not have financial service institution material by adding Islamic values and structured tasks according to curriculum. Considering that there are many sharia material and sharia values for financial service institutions. So that researchers developed teaching materials in the form of LKPD with a sharia economic insert based on a scientific approach that aims to describe the development process of sharia economic LKPD, the feasibility of LKPD based on expert validation to assess the content component, presentation, and graphics, and the effectiveness of sharia LKPD insert from pretest- posttest and response of students. The model used in this study is the 4D model, namely defining, designing, developing and disseminating. Subjects in this study were students of class X MIPA SMAN 1 Krembung and objects developed in the form of Islamic economics insert LKPD based on a scientific approach to material financial services institutions.The results of the expert validation show the feasibility of the content component of 93%, the presentation component of 84%, and the graph component by 80%. The overall average of 85.6% in the very feasible category and student responses of 96.66% in the category of very feasible, and effectiveness obtained from classical completeness of students 90% with a gain score of 0.76 in the high category. So it can be concluded that the Islamic economy LKPD insert based on the scientific approach to the material of financial service institutions is feasible to be used in economic learning. Suggestions from this study are need to be developed in accordance with the progress of science and technology with an android-based system or application and the expansion of material in the LKPD for up to one semester.Keywords: LKPD, Sharia economy insert, Scientific Approach, Financial Service Institution, 4D Model